Toko Emas dan Pusat Perbelanjaan Disesaki Warga, Satgas Turun Tangan

PROBOLINGGO,- Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Probolinggo, menggelar razia protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian, Jum’at (6/5/21) pagi. Sasarannya, meliputi toko emas dan sejumlah pusat perbelanjaan.

Sasaran pertama yang disidak petugas yakni beberapa toko emas di jalan Panglima Sudirman. Di kawasan itu, protokol kesehatan (prokes) dinilai tidak diterapkan. Selain memicu kerumunan, toko emas juga tidak menyediakan tempat cuci tangan dan petugas pemeriksa suhu tubuh.

Selanjutnya, petugas bergerak ke pusat perbelanjaan di sepanjang jalan dr. Soetomo. Setali tiga uang, di lokasi ini pengelola usaha maupun warga tidak menerapkan prokes secara ketat.

Tak hanya melakukan razia pertokoan, petugas juga merazia warga yang kedapatan tak memakai masker. Oleh petugas, warga tak bermasker digiring untuk menjalani rapid test on street. Dari 12 orang yang menjalani tes ini, hasilnya non reaktif semua.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Probolinggo, Setyorini Sayekti mengatakan, sebelum menggelar sidak, pemerintah kota sudah mengeluarkan himbauan terkait penerapan prokes kepada setiap pemilik usaha. Namun hasilnya, sebagian pemilik usaha masih abai protokol kesehatan.

“Pemilik usaha yang melanggar, kita data. Kami akan terus melakukan pemeriksaan dan pengecekan ke toko-toko yang sebelumnya tak menerapkan prokes, jika ditemukan pelanggaran lagi, kita akan memberikan sanksi,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Kedopok yang dirapid tes, Mada mengatakan, ia terjaring razia saat melintas sepulangnya berbelanja. Ia dicegat petugas karena tidak memakai masker.

“Saya kapok tak memakai masker, dan biasanya saya pakai namun kebetulan masker tidak saya pakai. Dengan rapid tes dadakan itu, kedepan saya akan memakai masker saat keluar rumah,” janjinya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Kebakaran Sampah di Mayangan Ganggu Permukiman dan Pengguna Jalan

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …