Bacakades Harus Lampirkan Bukti Vaksinasi dan Swab PCR

KRAKSAAN,- Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II serentak di 253 desa di Kabupaten Probolinggo dimulai Kamis (28/10/2021) besok. Banyak bakal calon kepala desa (bacakades) yang sibuk melengkapi berkas, terlebih berkas terkait protokol kesehatan (prokes).

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, tahapan pilkades dan pendaftaran cakades yang akan segera dimulai, membuat para Bacakades dikejar target melengkapi persyaratan berkas pendaftarannya.

Salah satunya, menurut dr. Viro, panggilan akrab dr, Dewi Vironica, syarat di bidang kesehatan. Yakni, Bacakades harus melampirkan bukti vaksinasi dosis 1 dan 2 saat mendaftarkan diri.

Selain itu, kata dia, para bacakades telah melakukan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan keterangan negatif.

“Sudah banyak yang melakukan pemberkasan terkait kesehatannya sejak beberapa hari terakhir. Karena memang untuk pemberkasan prokes menjadi salah satu syarat yang harus disiapkan para bakal calon,” kata dr. Viro, Rabu (27/10/2021).

Dari sekian banyak bacakades yang melakukan swab PCR itu, lanjut dr. Viro, ternyata ada yang hasilnya dinyatakan positif Covid-19. Sehingga, yang bersangkutan diarahkan untuk dikarantina terlebih dahulu selama 10 hari di Puskesmas Maron demi pemulihan.

“Sekarang sudah ada di tempat karantina. Sejauh ini baru satu yang kami ketahui. Ini yang kami antispasi, karena kami tidak ingin ada lonjakan lagi terkait Covid-19, terlebih adanya klaster baru di Kabupaten Probolinggo,” kata perempuan kelahiran Balikpapan, Kaltim itu.

Meski harus menjalani karantina selama 10 hari, kata dr. Viro, bacakades tersebut masih tetap bisa mendaftar sebagai bacakades. Sebab, masa pembukaan pendafataran dibuka hingga tanggal 9 November mendatang.

“Tetap masih ada waktu untuk daftar. Sebelum ditutup, bacakades positif itu sudah bisa keluar dan melengkapi persyaratan yang belum dilengkapinya. Semoga saja tidak ada lagi para pendaftar Pilkades tidak ada yang positif lagi,” katanya. (*)

Baca Juga  NRPG dan Kodim Bagi Masker untuk Warga

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …