Patrol Keliling Bangunkan Warga Sahur, Dilarang!

KRAKSAAN, Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan patrol keliling, meskipun untuk tujuan membangunkan warga untuk sahur. Soalnya patrol keliling ini dinilai bisa mengganggu kenyamanan masyarakat yang sedang beristirahat.

Larangan itu disampaikan Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, HM. Yasin. Dikatakan banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat di bulan puasa. Selain harus menahan lapar dan haus di siang hari, malam harinya juga harus salat tarawih.

“Nah pada saat mau istrahat, hanya sebentar saja, sudah diganggu dengan bunyi pukulan-pukulan alat patrol keliling, hal itu dirasa mengganggu istirahat mereka. Meskipun tujuannya baik, yaitu untuk mengingatkan waktu sahur,” kata Yasin, Kamis (15/4/2021).

Biasanya, lanjut Yasin, perayaan patrol dimulai sekitar pukul 00.00 – 01.00 WIB. Sedangkan sebagian besar warga melaksanakan sahur sekitar pukul 03.00 hingga menjelang subuh. Dilarangnya patrol keliling, karena kegiatannya bertepatan dengan jam istirahat warga.

“Karena pukul 00.00-01.00 WIB itu masih waktunya orang beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas dan sambil berpuasa. Sementara waktu yang sunah itu yakni sahur pada waktu yang mendekati imsak,” ungkap Yasin.

Jika ingin membangunkan orang sahur, imbuh Yasin, cukup menggunakan metode pengumuman melalui pengeras suara di masjid atau musala sekitar. Namun, sama halnya dengan patrol, tetap tidak boleh melakukan pengumuman pada waktu malam.

“Bisa ke masjid atau musala kalau niatnya memang ingin mengingatkan sahur, tapi harus saat-saat mendekati imsak saja, kalau jauh sebelum imsak sama saja dengan kegiatan patrol, tapi beda cara. Kami juga kerja sama dengan kamtibmas untuk larangan patrol ini,” tutup dia.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Tolah-toleh saat Lintasi Jembatan Semampir, Pengendara Mio 'Cium' Pikap

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …