TINJAU: Harga Cabai turun menjelang bulan ramadhan.(foto: Hafiz Rozani)

Menjelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit Mulai Turun

MAYANGAN,- Mendekati bulan ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok dan bumbu dapur di Kota Probolinggo turun. Salah satunya, harga cabai rawit yang sebelumnya Rp 120 ribu per kilogram (Kg), kini turun jadi Rp 75 ribu/Kg.

Pedagang Pasar Baru, Su’eb mengungkapkan, selain cabai rawit komoditas lain yang juga turun harga diantaranya adalah bawang putih. Saat ini, harga bawang putih Rp 23 ribu/Kg dari sebelumnya Rp 24 ribu/Kg.

“Meski mulai hari ini harga cabai rawit mulai turun, namun cabai rawit kering dan cabai besar kering masih banyak diburu, khususnya untuk pemilik usaha kuliner,” tutur Su’eb, Rabu (31/3/21).

Turunnya harga cabai rawit, menurut Suu’eb, tak lepas dari masuknya pasokan cabai rawit dari Kediri, Blitar dan Mojokerto ke pasar-pasar di Kota Probolinggo. “Banyak cabai dari luar daerah masuk sehingga harganya turun,” imbuhnya.

Selain cabai rawit, sambung Su’eb, harga sayuran juga mengalami penurunan. Misalnya wortel yang sebelumnya Rp 12 ribu/Kg, kini hanya 10 ribu/Kg. Kubis kini Rp 8 ribu/Kg dari harga lama Rp. 15 ribu/Kg.

“Bawang pring juga turun harga, sekarang Rp 8 ribu/Kg sebelumnya Rp 15 ribu/Kg. Ya mudah-mudahan tetap terjangkau harganya,” harap Su’eb.

Pedagang lain di Pasar Baru, Maryam hamid menyebut penurunan harga komoditas dapur menjelang awal bulan puasa tak biasa. Padahal tiap tahunnya, bahan sembako hingga komoditas dapur dan sayuran selalu naik harga.

“Yang tetaap naik itu telur mas, saat ini mencapai Rp 22 ribu/Kg, harga sebelumnya Rp 21 ribu/Kg. Kami tidak bisa memprediksi apakan di bulan puasa nanti komoditas dapur akan naik atau turun,” ujarnya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : Albafillah


 

Baca Juga  Loemadjang Mbiyen 2023 Segera Digelar, Usung Tema Pasar Rakjat

Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …