Dinilai Bahayakan Napi, Dahan Pohon Dipangkas

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Mengantisipasi bahayanya cuaca ekstrem yang kerap terjadi belakangan ini, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kraksaan, Kabupaten Probolinggo memutuskan membersihkan dahan pohon, Senin (29/3/2021).

Pembersihan puluhan dahan pohon di depan Rutan Kraksaan tersebut sebagai antisipasi bencana alam yang dikhawatirkan menimpa ratusan penghuni rutan. Terlebih lagi, saat ini kondisi rutan sudah melebihi kapasitas (overload).

Staf Rutan Kelas II B Kraksaan, Yasin mengaku bersyukur, sejauh ini masih belum terjadi bencana alam dan sampai menimpa tahanan. Pemangkasan pohon itu sebagai antisipasi pada musim hujan.

“Alhamdulillah sejauh ini tidak ada insiden apapun yangb terjadi, meskipun cuaca di Kabupaten Probolinggo masih bisa dibilang cukup ekstrem. Oleh karena itu sebelum ada insiden kami lakukan pencegahan,” kata Yasin saat dihubungi via telepon.

Terpisah, Manager ULP Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Kraksaan, Hendy Pranata mengatakan, pembersihan dahan pohon masih terus dilakukan. Terlebih di beberapa wilayah yang berpotensi besar terjadi bencana alam seperti tanah longsor.

Oleh karena itu, menurut Hendy, kerjasama masyarakat atau instansi-instansi terkait sangat membantu mencegah insiden saat cuaca ektrem terjadi, sekalipun tidak terikat kerjasama dengan PLN untuk memangkas dahan pohon.

“Meskipun dalam beberapa kejadian belakangan ini sama sekali tidak ada korban jiwa akibat tersengat kabel listrik yang terputus karena tertimpa pohon, tapi mencegah jauh lebih baik,” ungkap pria asal Kabupaten Bangkalan ini.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Donor Darah Keliling Tak Maksimal, Stok Darah di PMI Menipis

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …