Masuk Kelompok Prioritas, Lansia Kota Probolinggo Segera Divaksin

KANIGARAN-PANTURA7.com, Vaksinasi Covid-19 di Kota Probolinggo terus digencarkan. Untuk memastikan vaksinasi berjalan lancar, Senin (15/3) siang, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memantau dua lokasi penyuntikan.

Dua lokasi itu meliputi Markas PMI di Jalan Soekarno Hatta dan Puri Manggala Bakti Kantor Wali Kota. Selama dua terakhir ini, PMI sudah menyuntikkan vaksin sinovac kepada 200 guru di kota setempat.

“Disini giliran kelompok guru dosis pertama. Memang bertahap karena jumlah sasarannya banyak, yang belum mendapat giliran mohon untuk bersabar dulu,” ujar Wali Kota.

Puri Manggala Bakti juga menjadi titik pemantauan Wali Kota. Ia mengecek lokasi jelang vaksinasi massal yang akan berlangsung selama sepekan mendatang untuk ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes PPKB dr NH Hidayati menjelaskan, hingga hari ini vaksinasi dosis pertama pelayanan publik mencapai 108,8 persen (9.275 sasaran). Sedangkan dosis kedua baru 16,4 persen (1.396 sasaran).

Terkait vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia), menurut dr NH Hidayati, sasarannya sekitar 21 ribu orang yang akan dilaksanakan pada akhir Maret atau awal April 2021.

“Karena pelaksanaannya berbasis fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Sementara ini tim fasyankes masih fokus di vaksinasi massal. Setelah ini selanjutnya adalah lansia di masing-masing puskesmas,” ujarnya.

Saat ditanya tentang adanya kekhawatirkan masyarakat bahwa sebentar lagi vaksin akan berbayar, ia menegaskan bahwa kabar itu belum pasti kebenarannya dan belum ada ketentuan.

“Sementara belum ada aturan atau juknis yang menyatakan vaksin berbayar. Kami masih fokus dalam program vaksinasi pemerintah,” setgahnya.

Dari data yang dirilis Satgas Covid 19 Kota Probolinggo situasi kasus terkonfirmasi Covid-19 cenderung menurun setiap harinya. Per tanggal 15 Maret, kasus aktif sebanyak 12 orang (total konfirmasi 2.126), sembuh 1.966 orang dan meninggal 148 orang. (*)

Baca Juga  Diduga Sopir Mengantuk, Truk Hantam Pemotor di Jalur Pantura Kraksaan

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …