Gubernur Khofifah Lantik Gus Ipul sebagai Wali Kota Pasuruan

SURABAYA-PANTURA7.com, Sebanyak 17 Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Lantaran pandemi, prosesi pelantikan dilakukan secara sederhana dan terbatas.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum’at (26/2/2021). Salah satu yang dilantik adalah Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang biasa dipanggil Gus Ipul.

Usai pelantikan, Khofifah memberikan sambutan di depan kepala daerah. Dalam sambutan itu, ia berbicara soal kiprah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan dilantiknya kepala daerah baru.

Menurut Khofifah, pemerintah harus mendorong digitalisasi ekonomi bagi pelaku UMKM. Langkah itu, katanya, dapat menumbuhkan ekonomi ditengah hantaman pandemi Covid-19.

“Hal-hal yang mungkin bisa kita bangun sinergitas dengan kabupaten/kota atau dengan Pemprov Jatim. Kita harap ada percepatan banyak hal, karena kita siapkan Jatim Bangkit,” mantan Menteri Sosial itu menegaskan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan, pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan sifatnya terbatas. Hanya istri dan dua anggota keluarga saja yang diperkenankan mendampingi.

“Pelantikan dilakukan secara langsung dan virtual. Dikatakan secara langsung, karena Pak Wali dan Wakil Wali Kota dilantik secara langsung. Namun hanya didampingi istri dan dua anggota keluarga,” ulas Kokoh.

Sementara, sambung Kokoh, undangan lain seperti forkopimda meliputi Ketua DPRD Kota Pasuruan, Dandim 0819 Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota dan jajaran Pemerintah Kota Pasuruan, mengikuti prosesi pelantikan secara virtual.

“Forkopimda mengikuti prosesi pelantikan di Gedung Pemkot Pasuruan secara virtual, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Kokoh. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pilwali Pasuruan 2020, TEGAS Hadiri Penyerahan Hasil Rikes, Gus Ipul-Adi Absen

Baca Juga

260 Bacakades Diverifikasi Pertengahan Maret

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sebanyak 260 bakal calon kepala desa (bacakades) yang terdaftar di 62 desa di Kabupaten …