Pendaftaran Ditutup, Panitia Kantongi 260 Bacakades di 62 Desa

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pendaftaran bakal calon kepala desa (Bacakades) dalam pemilihan kades (Pilkades) serentak 62 desa di Kabupaten Probolinggo, resmi ditutup, Selasa (16/2/2021). Hasilnya, sebanyak 260 Bacakades mendaftar di 62 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Edy Suryanto, melalui Sekretaris Dinas, Hartono mengatakan, paling sedikit, bacakades yang mendaftar sebanyak dua orang. Bahkan ada beberapa desa yang Bacakadesnya 9-10 orang.

“Paling sedikit dua kandidat itu di 14 desa. Paling banyak ada yang sampai 10 kandidat dalam satu desa yaitu di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan. Tidak ada desa yang kandidat tunggal,” kata Hartono, Rabu (17/2).

Akan tetapi, lanjut Hartono, untuk desa yang jumlah bakal calonnya lebih dari lima orang akan dilakukan verifikasi dan penilaian. Kebijakan itu sudah diatur dalam Perbup No 1 Tahun 2021 tentang Pedoman, pemilihan, pengangkatan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa.

Menurut Hartono, dalam penialain itu akan dilakukan dengan metode scoring sebagaimana yang diatur dalam Perbup tersebut. Hingga nantinya ditetapkan paling banyak lima Bacakades dalam suatu desa.

“Saat ini kami masih melakukan verifikasi data bacakades. Kemudian melakukan penilaian untuk desa yang kandidatnya lebih lima orang,” jelas Hartono.

Dalam penilaian itu, sambung Hartono, akan dilakukan oleh panitia desa masing-masing. Untuk menghindari konflik, panitia juga akan melibatkan dan disaksikan oleh para Bacakades dan saksi lainnya.

“Kemudian akan ditetapkan pada bulan Maret mendatang. Kurang lebih sebulan ke depan setelah pendaftaran bacakadesnya ditutup,” ujar Hartono saat dikonfirmasi via selular. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Banjir Rob Terjang Kalibuntu, Ribuan Rumah Terendam

Baca Juga

Tujuh Bulan Jelang Pilkada Kabupaten Probolinggo, Elektabilitas Gus Haris Teratas

Jakarta,- Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil survei politik di tengah ramainya persiapan perhelatan …