Cegah Covid-19, Masuk Sidoarjo Wajib Rapid Tes Antigen

SIDOARJO-PANTURA7.com, Antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) saat libur panjang akhir pekan dan Tahun Baru Imlek, Satgas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo melakukan pengetatan pengawasan bagi warga luar yang hendak masuk ke kota udang tersebut.

Pada Jumat (12/2/2021), kendaraan bernopol luar Sidoarjo diberhentikan petugas di beberapa perbatasan Kabupaten Sidoarjo dengan wilayah lain. setelah diberhentikan, pengendara diperiksa identitas diri dan tujuannya kemana untuk keperluan apa.

Kemudian selanjutnya, warga pengguna jalan dicek suhu tubuh dan tes rapid antigen. Bagi masyarakat luar kota yang hasil rapidnya reaktif, mereka dibawa ke tempat karantina atau isolasi di Delta Sinar Mayang, Sidoarjo.

Penyekatan kendaraan bernopol luar kota Sidoarjo, berlangsung di Pos Lantas Waru, depan Pusdik Sabhara Porong, Bypass Krian, juga diberlakukan tes rapid antigen terhadap penumpang bus dari luar kota di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan, pihaknya bersama Forkopimda Sidoarjo mulai 12 Februari 2021 sampai dengan 14 Februari 2021 melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat dari luar Sidoarjo melalui identifikasi nopol kendaraan.

“Setelah kami hentikan, pengendara maupun penumpangnya kami periksa identitas diri dan suhu tubuhnya. Jika dari luar kota, maka kami lakukan tes rapid antigen kepada yang bersangkutan, yang reaktif langsung kami bawa ke tempat isolasi,” jelasnya.

Rapid test kepada para pengendara dari luar kota, menurut Kapolresta, sebagai upaya mencegah penyebarluasan Covid-19 di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Apalagi libur panjang akhir pekan ini bersamaan dengan Tahun Baru Imlek.

“Diharapkan masyarakat mematuhi peraturan pemerintah dan protokol kesehatan dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19,” papar Kapolresta.

Dari data Polresta Sidoarjo, rapid tes antigen yang digelar sejak pukul 8.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB di 4 titik itu, berhasil menjaring sedikitnya 430 warga dari luar kota. “Dari jumlah itu, tiga orang dinyatakan reaktif,” tandas Kapolresta. (*)

Baca Juga  Pemkab Sidoarjo Siapkan Penjara Bagi Pelanggar Prokes

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …