Jelang Imlek, Klenteng Tri Dharma Probolinggo Mulai Bersolek

MAYANGAN-PANTURA7.com, Sepekan menjelang Tahun Baru Imlek, berbagai persiapan mulai dilakukan umat Konghucu Kota Probolinggo. Salah satunya, pembersihan Klenteng Tri Dhama Sumbernaga, di WR. Supratman Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Pantauan PANTURA7.com pada Jum’at (5/02/21), sejumlah jamaat mulai berdatangan untuk membersihkan ruangan di klenteng. Dengan telaten, mereka juga membersihkan 18 patung dewa yang berjejer di beberapa sudut ruangan.

“Pembersihan ini merupakan ritual seminggu sebelum Imlek. Hari ini, pembersihan yang meliputi seluruh bagian ruangan dan patung dewa ditargetkan selesai,” kata Ketua 2 Klenteng Tri Dharma Sumbernaga, Erfan Sutjianto.

Dalam ritual pembersihan kali ini, pihak klenteng membatasi jamaat yang ikut dalam ritual dengan pertimbangan menghindari kerumunan dimasa pandemi. Jamaat yang diperbolehkan datang ke klenteng hanya 30 orang.

“Jika tidak dalam masa pandemi, ritual pembersihan ini biasanya diikuti oleh lebih dari 30 orang jamaat,” papar Erfan.

Saat Imlek nanti, pihak klenteng meniadakan ritual sembahyang bersama seperti tahun lalu. Selain itu sejumlah kegiatan yang masuk dalam rangkaian perayaan seperti pagelaran wayang kulit, atraksi barongsai, serta pesta kembang api, juga ditiadakan.

“Untuk sembahyangan bersama dan perayaan Imlek tahun ini ditiadakan. Jadi sembahyangan hanya di lakukan oleh pengurus inti klenteng, kebijakan ini semata-mata demi mengantisipasi penyebaran Covid-19,” beber Erfan. (ST1)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Sopir Tertidur, Truk Muat Beras Hantam Pohon

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …