Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Budaya · 7 Jul 2024 14:21 WIB

Even Loemadjang Mbiyen Digelar, Libatkan 41 Pelaku UMKM


					Fliyer even Loemadjang Mbiyen yang digelar di Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. (foto: IG lumajang_kab). Perbesar

Fliyer even Loemadjang Mbiyen yang digelar di Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. (foto: IG lumajang_kab).

Lumajang,- Even Loemadjang Mbiyen #4 kembali digelar. Tahun ini, even tahunan ini digelar di Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (7/7/24).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari upaya Pemkab Lumajang untuk mempromosikan potensi pariwisata lokal.

“Ada 41 stand yang akan menampilkan potensi desa wisata dan UMKM dari seluruh kecamatan di Kabupaten Lumajang, serta berbagai pelaku usaha lainnya,” kata Yuli.

Menurut Yuli, even ini digelar sengaja bersamaan dengan Grebeg Suro di Wisata Alam Hutan Bambu agar dapat menambah keunikan dan daya tarik acara tersebut.

“Kolaborasi Loemadjang Mbiyen dan ritual peringatan 1 Suro yang dilaksanakan oleh desa-desa di Candipuro akan menjadi pilihan paket wisata ke Lumajang,” imbuh Yuli.

Berbeda dengan sebelumnya, acara Loemadjang Mbiyen #4 kali ini juga berkolaborasi dengan even Candipuro Culture Festival. Salah satunya adalah Ritual Adat Pendam Kepala Sapi di Hutan Bambu Sumbermujur.

Yuli berharap, acara ini tidak hanya membawa nostalgia warga Lumajang, akan tetapi juga dapat mengenalkan potensi wisata alam Lumajang, khususnya di Kecamatan Candipuro.

“Kegiatan ini telah kami masukkan dalam kalender even tahunan Lumajang Eksotik, sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan serta keunikannya,” pungkasnya.

Berikut jadwal Loemadjang Mbiyen yang bersanding dengan Candipuro Culture Festival 2024, yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 14 Juli 2024.

• Pawai Seribu Obor – 6 Juli 2024, di semua Desa Kecamatan Candipuro.

• Grebeg Suro Desa Sumbermujur – 7 Juli 2024.

• Ritual Ruwat Air Desa Penanggal – 7 Juli 2024.

• Ritual Sampyong (Ujung) Desa Tambahrejo – 10 Juli 2024.

• Arak-arakan Gunungan Hasil Bumi Desa Jarit – 13 Juli 2024.

• Arak-arakan Tumpeng Desa Tumpeng – 13 Juli 2024.

• Festival Rujak Otek Desa Sumberwuluh – di Wisata Kali Pinusan, 14 Juli 2024. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rohim


 

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Nego ke BPK Mentok, Guru Honorer di Lumajang Terancam Kewajiban Kembalikan Uang Tunjangan

23 Juli 2024 - 13:39 WIB

Warga Kalibuntu Probolinggo Gelar Petik Laut, Larung Hasil Bumi ke Tengah Laut

22 Juli 2024 - 22:26 WIB

Jelang HUT RI, Pemkab Lumajang Buka Pemusatan Diklat Paskibraka

22 Juli 2024 - 13:54 WIB

Angka Kematian Ibu Hamil di Lumajang Menurun, Segini Jumlahnya

21 Juli 2024 - 17:02 WIB

PABPDSI Lumajang Dilantik, Sekda Agus Beri Pesan Begini

20 Juli 2024 - 18:07 WIB

Trending di Pemerintahan