Salah Pilih Prodi, Salah Kaprah

Pengirim : Echa Selvia N*


Siswa lulusan SMA dan sederajat kadang bingung untuk menentukan jurusan yang sesuai bakat dan minatnya. Kebanyakan, justru memilih jurusan yang tidak banyak peminatnya. Akan tetapi tidak semua calon mahasiswa seperti itu, banyak juga yang ingin masuk prodi yang mereka inginkan dan pastinya banyak juga pesaingnya.

Kebanyakan siswa juga sangat meremehkan dalam memilih program studinya yang pada akhirnya program studi tersebut bukan pasion mereka. Bagi mereka yang mengambil program study yang bukan pasion mereka, dari situlah mereka akan malas dan merasa kesusahan dalam menjalankan tugas-tugas yang di berikan oleh dosen.

Banyak program studi yang dapat di ambil di universitas baik itu negeri maupun swasta. Hanya saja siswa yang telah lulus dari SMA harus pintar dalam memilih jurusan yang mereka minati dan sesuai dengan kemampuan mereka.

Program studi akuntansi, manajemen yang kebanyakan di minati oleh siswa dan banyak juga yang benci dengan program studi tersebut. Banyak orang bilang akuntansi sangatlah sulit, banyak menghitung dan ribet, namun jika mereka mau belajar dan mendalami akuntansi dari dasar maka program studi tersebut sangatlah asik dan menantang tentunya.

Peluang kerja program studi ini juga sangat lah banyak di butuhkan di berbagai perusahaan. Banyak sekali mahasiswa lulusan akuntansi yang sukses dalam pekerjaan.

Tidak hanya program studi akuntansi yang di butuhkan oleh para perusahaan masih banyak lagi program studi yang tersedia di universitas. Hanya saja siswa harus bisa sungguh sungguh dalam menjalankan perkuliahannya.

Dalam memilih program studi siswa juga harus memperhatikan kemampuan mereka supaya dalam menjalankan perkuliahannya tidak merasa kesusahan. Kebanyakan mahasiswa yang merasa salah dalam memilih program studinya mereka akan mengulang dan akan ikut pendaftaran di tahun berikutnya.

Baca Juga  Mau Buat Paspor? ke UKK Imigrasi Kota Probolinggo Saja

Program studi dianggap susah karena kebanyakan mahasiswa tidak memiliki potensi dalam program studi yang mereka ambil, tidak menguasai materi yang disampaikan oleh dosen, sering tidak masuk kelas dan sering memanggap remeh.

Karena tidak mampu dengam pilihat program studi banyak mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliahnya karena stress dalam menghadapi tugas tugas dan materi yang disampaikan dosen.

Maka, sebelum masuk kuliah baiknya dipikirkan terlebih dahulu dengan matang dalam memilih program studi yang cocok dalan diri sendiri, dari segi kemampuan, minat, bakat dan penguasaan materi agar tidak kesusahan dalam menjalankan perkuliahan.

Maka jika dalam memilih program studi yang sesuai mahasiswa dan mahasiswi akan merasa sangat mudah dan enjoy dalam menjalankan kuliah setiap harinya.

Mahasiswa yang sesuai dalam memilih program studi biasanya sangat enjoy dn aktif dalam menjalankan perkuliahan. Bahkan mereka biasanya sering mendapatkan nilai terbaik dalam kelas.

Tidak dalam kelas saja dalam organisasi yang di ikuti pun mereka juga sangat aktif dan nyaman dalam menjalankan tugasnya. Bahkan mereka biasanya sering mendapatkan nilai terbaik dalam kelas. (**)


*Mahasiswa jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Baca Juga

Perebutan Suara Milenial dan Pergeseran Media Kampanye

Oleh: Etik Mahmudatul Himma, SH “Generasi Milenial dan Gen Z, jumlahnya lebih dari 113 juta pemilih …