PAJARAKAN-PANTURA7.com, Masih ingat pencuri sepatu di Masjid Kurung, Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dan tertangkap Camera Circuit Television (CCTV) beberapa waktu lalu? Ternyata pelakunya diketahui mengalami gangguan jiwa atau biasa disebut orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Fakta ini terungkap setelah Polsek Pajarakan menyelidik pria yang mengendarai sepeda motor sport Suzuki warna biru dengan penampilan ala preman tersebut. Akhirnya diketahui orang tersebut Misnadi, warga Desa Krobungan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Dalam rekaman 1 menit 30 detik tersebut terlihat pelaku masuk dari arah barat jalur pantura. Ia duduk di teras masjid lalu mengambil sepatu milik jemaah masjid, Wawan Hadi Supriyanto, asal Kecamatan Kraksaan.

“Setelah kami tindak lanjuti dan mengumpulkan informasi dari berbagai saksi di tempat kejadian perkara (TKP), kami mengarah ke pelaku. Sehingga kemarin sore kami langsung mendatangi kediaman pelaku,” kata Kanitreskrim Polsek Pajarakan, Bripka Yuli Prasetyo, Kamis (21/1/2021).

Anggota polisi pun langsung disambut pihak keluarga pelaku. Kaget dengan kedatangan penegak hukum, menurut Yuli, piahak keluarga kemudian menyampaikan bahwa pelaku sejak lama mengalami gangguan kejiwaan.

“Akhirnya kami minta untuk mereka mendatangi mapolsek. Selain mendatangkan keluarga pelaku kami juga datangkan korban dan alhamdulilah sudah beres, pihak keluarga pelaku meminta maaf dan mengembalikan sepatunya,” ungkap Yuli.

Sedangkan beredarnya video rekaman CCTV tersebut, menurut Yuli, sengaja diposting dan diviralkan di media sosial melalui kesepakatan pihak takmir. Tujuannya agar pelaku tertangkap dan tindak kejahatan pencurian tidak kembali terjadi di Masjid Kurung.

“Korban menyampaikan, kalau video itu diposting agar tidak ada lagi pencurian yang lebih besar di Masjid Kurung itu ke depannya,” ungkap mantan Kanitreskrim Polsek Maron ini saat ditemui di ruangannya. (*)

Baca Juga  Konsumsi SS Bersama Suami, IRT Asal Tiris Dibekuk Polisi

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT