Pandemi, Tokoh Agama Dibekali Pelatihan Kewirausahaan

GADING-PANTURA7.com, Sedikitnya 20 orang tokoh agama (toga) dan tokoh masyarakat (tomas) di Kabupaten Probolinggo, mendapat pelatihan kewirausahaan, yang digelar di Hotel Kampoeng Kita, Desa Condong, Kecamatan Gading.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, sejak Senin hingga Selasa (23-24/11/2020) ini, terlaksana atas inisiasi Kementerian BUMN melalui Corporate Social Responsibility  (CSR) PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Probolinggo.

Selain itu, pelatihan juga ditopang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Dinas Koperasi UMKM, serta CV Cindy Bordir yang berada di Desa Selogudik, Kecamatan Pajarakan.

Peserta pelatihan merupakan tokoh di desa masing-masing, yang menjadi inspirator bagi pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Penerapan protokol kesehatan diterapkan selama pelatihan berlangsung.

Branch Manager PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Probolinggo Elvin Hendratta menyebut, kegiatan tersebut menunjukkan bahwa negara peduli dan hadir bagi warga, khususnya pegiat UMKM, yang tengah terseok-seok kondisinya akibat pandemi Covid-19.

“Selain diberikan materi-materi yang bermanfaat, kami juga akan memberikan peralatan yang bisa digunakan bagi pengembangan usaha sehingga bisa meningkatkan taraf kehidupan keluarga (peserta pelatihan),” terang Elvin.

Pelatihan ini, sambung Elvin, tidak hanya menjadi respon atas kondisi ekonomi ditengah hantaman pandemi. “Ini merupakan implementasi program kepedulian sosial yang rutin kami lakukan,” pungkas dia.

Salah satu peserta pelatihan, Ghozali (45), mengaku senang dapat diberi kesempatan mengikuti pelatihan yang menurutnya sangat bermanfaat. Apalagi, ia tergolong ‘pemula’ di bidang UMKM di desanya.

“Ya bermanfaat sekali, kita perlu ilmu-ilmu baru yang bisa dikembangkan. Saya di rumah mengembangkan UMKM pakan ternak, pakan burung,” tandas pria asal Desa Condong ini.

Dalam pelatihan itu, hadir sejumlah narasumber memberikan materinya. Diantaranya Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Kabid UMKM Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Probolinggo Zulkarnain, serta Elvin sendiri. (*)

Baca Juga  APTI Desak Pabrik Rokok Serap Tembakau Petani

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …