KANIGARAN-PANTURA7.com, Wakil Walikota (Wawali) Probolinggo, HM. Soufis Subri terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga kini, wawali masih dirawat di RSU dr Soetomo, Surabaya.

Hal ini diungkapkan Walikota Habib Hadi Zainal Abidin kepada wartawan di rumah dinasnya, Jalan Panglima Sudirman: 1, Probolinggo, Selasa (24/11/2020). “Benar, wawali terkonfirmasi Covid-19, doakan segera sembuh,” katanya.

Habib Hadi menambahkan, wawali saat ini masih menjalani perawatan di Ruang ICU RSU dr Soetomo, Surabaya. Dinas Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) pun langsung melakukan penyemprotan disinfektan. “Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pegawai juga bakal dilakukan swab semua,” kata walikota.

Habib Hadi pun menjelaskan kronologi hingga wakilnya terpapar virus dari Wuhan, China itu. Sebelumnya, wawali sempat mendampingi Komisi IV DPR RI yang melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Rabu (18/11/2020).

Keesokan harinya, Kamis (19/11/2020), wawali mengeluhkan sakit saat menghadiri paripurna DPRD. Bahkan wawali meminta izin dengan duduk saat mengikuti sidang di gedung DPRD, tidak berdiri di mimbar saat dipersilakan berbicara.

Wawali kemudian melakukan tes swab di RSUD dr Mohamad Saleh, Kota Probolinggo. Hasilnya, positif Covid-19.

Sempat dirawat di RSUD milik Pemkot Probolinggo selama dua hari, wawali kemudian dirujuk ke RSU dr Soetomo. “Wawali dirujuk di RSU dr Soetomo, alhamdulillah membaik, doakan segera pulih,” kata walikota.

Walikota juga mengingatkan agar protokol kesehatan untuk selalu dipatuhi. “Kita tidak boleh lengah. Data tingkat kesembuhan di Kota Probolinggo memang tinggi. Tapi semua orang berpotensi tertular Covid-19. Karenanya, kita harus semakin waspada dengan berdisiplin protokol kesehatan,” tegasnya.

Sekedar informasi, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Probolinggo kini tercatat total 730 orang, sembuh 627 orang dan dirawat 52 orang. Sedangkan suspect 14 orang dan probable 9 orang.

Baca Juga  Ori Difteri di Kabupaten Probolinggo Capai 72,36%

Pemkot Probolinggo meminta warga disiplin mengikuti anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan. Yakni memperbanyak tinggal di rumah, selalu memakai masker jika beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi