Lama Mangkrak, Gedung Mal Poncol Mulai Runtuh

PASURUAN-PANTURA7.com, Bangunan mal di depan pasar Poncol, Jl. Kyai H. Wachid Hasyim, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan menyita kewaspadaan pedagang kaki lima (PKL). Pasalnya, bangunan yang lama mangkrak tersebut mulai runtuh pada bagian tembok plafon dan atap.

Informasi yang dihimpun, bangunan gedung tersebut sudah sekitar 6 tahun tidak dipergunakan. Sebelumnya, bangunan itu disewa oleh beberapa perusahaan untuk memasarkan aneka produk pun jasa.

“Sebelumnya memang disewa oleh perusahaan swasta. Karena kurang diminati pembeli, akhirnya sewa diberhentikan,” papar Kasianto (57), satpam sekitar gedung, Kamis (19/11/2020).

Terpisah, salah satu PKL yang melapak di teras gedung turut berkomentar. Menurutnya, kondisi gedung yang mangkrak sangat disesalkan. Seharusnya, kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tidak melakukan pembiaran.

“Seharusnya Pemkot bisa mengelola dengan baik. Dari pada mangkrak, lebih baik dibuat jualan para pedagang PKL,” cetus Agus (60) PKL yang menjual aksesoris handphone di lokasi.

Pantauan PANTURA7.com, tembok bagian atas gedung di sisi selatan terlihat mulai rusak. Bahkan di bagian bawahnya dipasang tali rafia sebagai tanda ‘bahaya’ karena tembok rawan runtuh.

Hal itu membuat para PKL selalu was-was setiap saat. “Apalagi pas hujan yang bersamaan dengan angin kencang, atap gedung yang diatas lapak saya sering bocor,” Nurul Hidayati (25), PKL lainnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Sebulan, Polres Pasuruan Gulung 24 TSK Narkotika

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …