Relawan-Pemkab Normalisasi Sungai Rejoso

REJOSO-PANTURA7.com, Hampir satu dekade, pemukiman warga yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Rejoso, Kabupaten Pasuruan, selalu dilanda banjir saat musim hujan tiba. Kondisi ini membuat sejumlah pihak prihatin.

Seperti yang diperlihatkan relawan Berbakti dan Berbagi Untuk Rakyat (Berbaur), pada Jum’at (6/11/2020) siang. Komunitas ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, melakukan normalisasi sungai Rejoso.

“Normalisasi sungai ini mulai kemarin, Kamis ,” kata Syaifuddin, Koordinator lapangan normalisasi Sungai Rejoso, Syaifuddin kepada PANTURA7.com.

Syaifuddin mengatakan, normalisasi sungai ini dilakukan karena wilayah tersebur kondisinya darurat banjir. Selain itu, ia menilai langkah pencegahan dari Propinsi Jawa Timur  lamban.

Dikatakannya, bertahun-tahun tidak ada penangan terkait di DAS Rejoso. Padahal pihaknya sudah berkali-kali melayangkan usulan kepada Pemerintah Propinsi Jawa Timur. 

“Padahal masyarakat di sini selalu terdampak banjir. apakah memang bangga atau senang melihat masyarakat Jawa Timur khususnya di wilayah Sungai Rejoso kebanjiran terus menerus,” paparnya.

Terkait alat berat yang diterjunkan ke lokasi, menurut Syaifuddin, alat berat tersebut merupakan milik Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Atas dasar keinginan kita yang selalu memaksa, karena sudah darurat kondisinya, Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui PU berkenan meminjamkan alat berat ini kepada kami dalam rangka kerja sosial ini,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang, Misbah menjelaskan, Sungai  Rejoso sejatinya menjadi kewenangan dari Propinsi Jawa Timur, namun nyatanya hingga saat ini tidak ada penanganan apapun.

“Karena kondisi kemarin saat hujan pertama sudah banjir, maka atas inisiatif teman teman, kami bantu alat berat saja, karena kita juga mempunyai progam menangani sungai-sungai kecil yang menjadi kewenangan kabupaten,” papar dia. (*)

Baca Juga  Boncengan dengan Pria Lain, Suami Bacok Istri

Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …