Polisi Hentikan Penyelidikan Kapal Terbakar di Giliketapang

SUMBERASIH-PANTURA7.com, Jajaran Reskrim Polres Probolinggo Kota (Polresta) menghentikan proses penyelidikan kebakaran Kapal Motor (KM) AWE, yang mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis solar yang terbakar pada Kamis (29/10) lain.

Kanit IV Satreskrim Polresta, Iptu Joko Murdiyanto mengatakan, proses penyelidikan terkait terbakarnya KM AWE sudah dihentikan karena tidak ada unsur pidananya.

Selain itu, kata Iptu Joko, pemilik kapal tersebut, Ali (60) warga Giliketapang juga meminta kepada Polresta untuk tidak dilanjut prosesnya. Ali mengaku sudah menerima kejadian tersebut.

“Pihak yang bersangkutan meminta untuk tidak dilanjut proses hukum, karena pihaknya sudah menerima bahwa itu musibah,” kata Iptu Joko melalui sambungan telepon selularnya, Sabtu (31/10/2020).

Berdasarkan hasil keterangan di lapangan, penyebab kebakaran kapal karena kebocoran pipa yang mengenai Alkon, alat penyedot bahan bakar cair. Karena muncul percikan api sehingga terjadi kebakaran.

Sebenarnya.,kata Iptu Joko, ada kapal khusus untuk mendistribusikan BBM. Namun karena BBM yang diangkut KM AWE adalah BBM non-subsidi, sehingga ada masalah.

Informasi dari Satreskrim Polresta, BBM jenis solar yang diangkut KM AWE sebanyak 22 drum ini milik Suparyono, Kepala Desa Giliketapang.

Iptu Joko mengimbau, para nakhoda kapal yang akan mendistribusikan barang yang rentan terbakar seperti LPG dan BBM ke Giliketapang untuk lebih berhati-hati.

“Karena itu bahan bakar yang dibawa, sehingga kewaspadaannya harus lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KM AWE terbakar saat merapat di dermaga utara Pulau Giliketapang, Kecamatan Sumbersih, Kamis (29/10/2020) lalu.

Diketahui saat itu kapal yang dinakhodai Ali sedang mengangkut 22 drum solar. Masing-masing drum berisi 120 liter solar. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Tiga Penjual Miras Divonis 6 Bulan Penjara

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …