‘Kumkum’ di Laut Sehatkan Tubuh, Benarkah?

MAYANGAN-PANTURA7.com, Geliat warga Kota Probolinggo yang berendam (kumkum) di laut dengan maksud ingin sehat semakin massif. Ratusan warga yang tergabung dalam komunitas kumkum bareng Walikota Habib Hadi Zainal Abidin, Wawalikota MS. Subri di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Jumat pagi (23/10/2020).

Kumkum di PPP Mayangan sisi barat itu juga diikuti Kepala Lapas Probolinggo, Risman Somantri serta para kepala OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Sebagian warga mengatakan, terdorong untuk mandi di laut karena ingin sehat. Sebagian lagi mengaku, berendam di laut bisa menyegarkan badan sekaligus bisa menjadi ajang silaturahmi.

“Kami sengaja memilih tempat ini, alasannya selain air lautnya bersih dan bening, juga bukan areal lintasan kapal. Sehingga kami berenang dan berendam di sini betul-betul terasa nyaman,” terang Sutanto, salah satu pemrakarsa mandi laut.

Sutanto mengharapkan, kegiatan berenang dan berendam di laut bisa menghilangkan gatal-gatal di badan. Bahkan ia berharap kumkum bisa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19.

“Karena disebutkan khasiat yang terkandung di dalam air laut terhadap kesehatan tubuh tidak sedikit. Kandungan garam dan mineral di dalam air laut rata-rata 35% mengandung mineral yang alami berguna bagi tubuh kita,” urai Tanto, panggilan akrab Sutanto.

Terpisah, Plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo, dr Abbrar HS Kuddah SpB mengatakan, air laut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Sebab air laut mengandung g magnesium, potasium, kalsium, sulfat, zat besi, boron dan selenium dan beberapa kandungan lainnya.

Berendam air laut memiliki segudang manfaat untuk mendukung kesehatan manusia. Berdasarkan fakta empiris, air laut mengandung banyak kandungan mineral alami yang sangat diperlukan tubuh dalam menjalankan hidup sehat.

Baca Juga  Sakit Lupus, Shela Terpaksa Putus Kuliah

“Terutama masalah yang dirasakan pada pembuluh darah, saluran pernapasan dan paru-paru. Alasannya, komposisi air laut serupa dengan plasma darah meliputi vitamin, garam mineral dan asam amino. Air laut juga mengandung mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimikroba dan zat anti bakteri aktif,”urai dokter spesialis bedah itu.

Dokter penggemar nasi jagung itu menambahkan, garam laut yang dihasilkan dari proses penguapan air laut ternyata bisa membuat wajah lebih cantik. Tekstur garam laut dapat digunakan sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit mati.

Manfaat lainnya adalah bisa mengontrol minyak pada kulit wajah. Kandungan potasium dan belerang mampu mengontrol produksi sebum berlebih, yang biasanya menyebabkan kulit berjerawat.

“Kandungan magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh kita sedangkan potasium untuk menjaga sistem kekebalan tubuh,” kata Abraar. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …