Catat! 13.489 Ekor Ternak di Probolinggo Terpapar PMK

Probolinggo,- Jumlah hewan ternak yang terpapar virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Probolinggo, hingga Kamis (28/7/22) mencapai 13.489 ekor.

Jumlah tersebut disampaikan Medik Veteriner Muda Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) Kabupaten Probolinggo, Nicolas Nuryuliaton. Ternak yang terpapar, meliputi sapi potong, sapi perah, kambing dan domba.

“Untuk jumlah lebih rincinya berdasarkan data yang kami terima, sapi potong ada 10.279 ekor, sapi perah 3.092 ekor, domba 50 ekor, dan kambing 68 ekor,” ucap Nicolas.

Saat ini, dijelaskan Nicolas, Kecamatan Bantaran, Tiris, Lumbang, Krucil, dan Pakuniran merupakan wilayah yang mendominasi jumlah hewan ternak yang terpapar virus PMK.

Di Kecamatan Bantaran terdapat 1442 ekor sapi potong, Tiris 1197 ekor sapi potong, Lumbang 823 ekor sapi potong, Krucil 614 ekor sapi potong dan Pakuniran 611 ekor sapi potong.

“Di kecamatan itu karena memang mayoritas penduduknya merupakan peternak sapi potong. Jadi wajar jika di kecamatan-kecamatan itu lumayan banyak hewan ternak yang terpapar PMK,” urai dia.

Sedangkan untuk sapi perah, domba dan kambing yang tercatat dalam data Disperta, tersebar merata di sejumlah kecamatan. Di Kecamatan Lumbang 8 ekor sapi perah, dan Wonomerto 6 ekor sapi perah.

“Sedangkan untuk domba, di Kecamatan Dringu ada 23 ekor, Lumbang 25 ekor, dan Maron 2 ekor. Untuk kambing, di Kecamatan Dringu 33 ekor, Lumbang 20 ekor, Bantaran 10 ekor, Gending 3 ekor, Tegalsiwalan 1 ekor dan Sumberasih 1 ekor,” urai dia.

Ia mengimbau kepada para peternak agar melapor jika ada hewan ternaknya yang berciri-ciri terpapar virus PMK. Tujuannya, agar petugas bisa menangani secara langsung dan sehingga penularan penyakit PMK di Kabupaten Probolinggo dapat ditekan.

“Ya kami harap para peternak segera melapor jika ada peliharaannya yang berciri-ciri seperti teejangkit virus PMK agar cepat kita tangani untuk mencegah penularan terhadap hewan ternak lainnya,” Ia memungkasi. (*)

Baca Juga  Sidak Virus PMK di Pasar Hewan Besuk, Yahyadi: Aman

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …