PUM Uniwara Awali Pesta Demokrasi di Kota Pasuruan

PURWOREJO-PANTURA7.com, Pesta demokrasi di Kota Pasuruan, berlangsung lebih awal. Namun, bukan pemilihan kepala daerah (Pilkada), melainkan pemilihan umum mahasiswa (PUM).

Ya, pesta demokrasi tingkat kampus tersaji di Universitas PGRI Wiranegara (Uniwara) di Jl. Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Kamis (15/10/2020).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UNIWARA Silfiatus Zuhro mengatakan, PUM digelar untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), yang memegang tampuk pemerintahan tertinggi di organisasi kampus.

Meski demikian, menurut Silfi, partisipasi mahasiswa Uniwara dalam pemilihan BEM kali ini tergolong rendah. Dari sekitar seribu mahasiswa aktif, hanya 400 mahasiswa saja yang menggunakan suaranya.

“Dari seribu mahasiswa aktif, yang ikut serta berpartisipasi memilih sampai saat ini hanya sekitar 400 orang mahasiswa,” terangnya.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presisen BEM Uniwara kali ini diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon). “Proses penghitungan suara akan dilaksanakan hari ini juga, pukul 16.00 WIB,” Silfi menjelaskan.

Meski hanya dilingkup kampus, namun pemilihan umum mahasiswa ini rupanya memantik perhatian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan. Bahkan petugas penyenggara pemilu itu memantau langsung jalannya pemilihan.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Nanang Abidin mengatakan, seluruh kegiatan oemilihan BEM tersebut berjalan dengan baik, berdasarkan regulasi serta melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Apresiasi kita terhadap pelaksanaan pemilihan BEM tersebut sangatlah baik, meski dilaksanakan di masa pandemi Covid-19,” papar Nanang usai melihat langsung proses pemilihan.

Ia juga mengucapkan selamat dan sukses untuk mahasiswa Uniwara yang terlibat dalam pemilihan. “Semoga mendapatkan wakil dari mahasiswa yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik,” harapnya. (*)

Baca Juga  KPU Kota Pasuruan Kebanjiran Pelamar PPK

Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Tata Ulang Sejumlah Program, Pj Wali Kota Probolinggo Butuh Rp15 M

Probolinggo,- Kunjungan Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, Minggu sore (17/3/24), dimanfaatkan oleh Pj Wali …