Lagi, Lahan Gambut di Kota Pasuruan Terbakar

PURWOREJO-PANTURA7.com, Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di Kota Pasuruan, Kamis (15/10/20). Kali ini, lahan yang terbakar berada di kawasan Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Purworejo.

Anggota Pusdalops Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Alfiyah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.52 WIB.

“Kami sampai di lokasi sekitar pukul 12.05 WIB dengan 1 unit mobil damkar berkapasitas 5 ribu liter dan 1 unit mobil damkar berkapasitas 3,5 ribu liter,” terangnya.

Menurutnya, tidak ada kesulitan dalam proses pemadaman, karena lahan tersebut dekat dengan jalan raya, “Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.55 WIB,” tambah dia.

Kerugian akibat kebakaran tersebut, imbuh Alfiyah, BPBD Kota Pasuruan belum dapat memastikan angkanya. “Karena masih dalam proses penggalian informasi dari pemilik lahan,” paparnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan  Logistik BPBD Kota Pasuruan, Muhammad Murtadho menghimbau, masyarakat Kota Pasuruan lebih berhati-hati menyikapi bencana kebakaran, walaupun musim pancaroba sudah mulai terjadi.

Dijelaskannya, pemicu utama kebakaran lahan seperti kali adalah kesalahan masyarakat (human error), “Karena masyarakat membakar sampah sembarangan, putung rokok, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Diketahui, sejak awal Oktober 2020 ini saja, BPBD Kota Pasuruan telah menangani tujuh bencana kebakaran. Empat kejadian diantaranya adalah kebakaran di kawasan lahan gambut. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Harga Gula dan Telur di Pasuruan Melambung, Perajin Kue Limbung

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …