Edukasi Prokes, Pekerja Sosial Sebar Masker

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang belum optimal, membuat Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Probolinggo turun tangan. Para pekerja sosial ini, membagikan masker di dua titik sekaligus.

Koordinator TKSK Kabupaten Probolinggo, Heriyanto mengatakan, sedikitnya 1500 masker dibagikan secara gratis kepada warga di dua lokasi berbeda. Meliputi Pasar Semampir Kraksaan dan Pasar Dringu.

Dijelaskan Heriyanto, pembagian masker yang bersinergi dengan Muspika setempat, bertujuan untuk membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Masker kami bagikan kepada warga yang melintas di jalan depan pasar atau para pedagang pasar. Alhamdulillah, semua masker yang kami bawa habis tak tersisa, bahkan kurang,” terang Heriyanto saat ditemui di Pasar Semampir, Jum’at (9/10/2020).

PEKERJA SOSIAL : Pengunjung Pasar Semampir mengerubungi pekerja sosial saat bagi-bagi masker. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Kurangnya stok masker yang dibagikan, menurutnya, menunjukkan bahwa antusiasme dan kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) sudah meningkat. Apalagi merupakan kawasan yang rawan menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Heriyanto menyebut, aksi sosial itu sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TKSK yang ke-11. Ia menilai, euforia HUT yang diganti dengan gerakan sosial, merupakan langkah tepat saat masa pandemi.

“Semoga bisa membantu meringankan beban pemerintah. Hanya bagi-bagi masker saja yang bisa kami lakukan untuk merayakan HUT TKSK ke 11 ini. Kami mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai wabah ini,” ungkap dia.

Sementara, Siti Halimah (35) pengunjung Pasar Semampir menyampaikan, pembagian masker akhir-akhir ini memang sudah jarang ditemukan. Hal itu, kata dia, berbanding terbalik dengan saat awal-awal virus korona masuk ke Kabupaten Probolinggo.

“Dulu kan hampir setiap hari di sekitar Kota Kraksaan ada pembagian masker, sekarang sudah jarang. Alhamdulillah sekarang ada lagi, bahkan banyak warga yang tidak kebagian, saking antusiasnya,” tandas wanita asal Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan ini. (*)

Baca Juga  Wakil Walikota Probolinggo Wafat, Khofifah; Jangan Abaikan 3M


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …