Pelabuhan Akan Disterilkan, Sahabat Laut Kecewa

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo, mengeluarkan surat pemberitahuan sterilisasi area di kawasan sisi barat pelabuhan, yang selama ini menjadi tempat berendam relaksasi.

Surat itu dikeluarkan tanggal 15 November 2019 lalu, dengan nomor surat 523/7538/120.7.6/2019/ yang ditujukan kepada pengurus Asosiasi Sahabat Laut dan pengurus Surya Citra Bahari. Dua komunitas yang selama ini kerap berendam di kawasan tersebut.

Dalam pemberitahuan itu, otoritas pelabuhan meminta fasilitas milik komunitas laut di lokasi pelabuhan sisi barat dipindahkan. Alasannya, karena fungsi Breakwater yang merupakan bangunan fasilitas pokok pelabuhan akan difungsikan.

Menyikapi surat pemberitahuan itu, perwakilan Komunitas Laut Surya Citra Bahari, mendatangi kantor UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan untuk meminta klarifikasi, Jum’at (22/11).

“Kami hendak klarifikassi, namun dari pukul 8.00 sampai pukul 11.00 Win, saya tidak ditemui disini,” keluh perwakilan Komunitas Laut Surya Citra Bahari, Djando Gadohoka.

Surat pemberitahuan sterilisasi area pelabuhan yang dikeluarkan oleh otoritas pelabuhan PPP Mayangan kepada komunitas sahabat laut (Foto : Istimewa).

Komunitas laut menilai otoritas pelabuhan tidak konsisten mengeluarkan kebijakan. Padahal fasilitas yang dibangun komunitas ini di kawasan pelabuhan sebelumnya telah mendapat persetujuan dari otoritas pelabuhan.

“Kalau memang harus dibongkar fasilitas kita, kenapa dulu diijinkan dibangun,” tutur Djando.

Sekedar informasi, Komunitas Laut Surya Citra Bahari sejak setahun terakhir melakukan pembangunan fasilitas berupa gazebo, kamar mandi hingga perbaikan jalan pavingisasi di area pelabuhan secara swadaya. Komunitas ini mengklaim telah mendapat ijin dari otoritas pelabuhan. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Cemari Lingkungan, Limbah PG Pajarakan Dikeluhkan Warga

Baca Juga

Lebaran, Tempat Penitipan Kucing di Kota Probolinggo Sesak

Probolinggo,- Jasa penitipan kucing saat lebaran ramai dibanjiri pelanggan yang menitipkan kucing miliknya, tak terkecuali …