TPU Pohjentrek ‘Sesak’ Jasad Covid-19

PURWOREJO-PANTURA7.com, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sutojayan di Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, mulai penuh dengan makam jenazah Covid-19. Pandemi yang masih berlangsung, memungkinkam makam akan kian sesak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Shierly Marlena menuturkan, sampai saat ini sudah 42 jenazah Covid-19 yang telah dimakamkan di TPU tersebut. TPU ini memiliki radius 50 meter dari sumber mata air dan 500 meter dari permukiman penduduk.

“Dengan begitu, TPU Pohjentrek memiliki lokasi yang sesuai dengan protokol pemakaman untuk jenazah Covid-19,” jelas Shierly via jaringan seluler, Selasa (11/08/2020).

Menurut Sherly, TPU Sutojayan jadi makam khusus jasad Covid-19 berdasarkan surat keputusan (SK) Walikota Pasuruan No. 188/179/423.001/2020 pada tanggal 26 Mei 2020.

Dia menambahkan, TPU tersebut awalnya tidak dikhususkan untuk jenazah Covid-19, melainkan untuk masyarakat umum. Sebelum pandemi, kondisi makam tidak begitu padat. “Sekarang mulai penuh,” paparnya.

Menurut pengakuan Ahmad (21), warga Kelurahan Krapyakrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Pohjentrek tidak hanya dari wilayah Kota Pasuruan saja. Melainkan juga berasal dari Kabupaten Pasuruan.

“Jenazah dari Kabupaten Pasuruan juga banyak yang dimakamkan di sana. Dua tetangga saya yang positif Covid-19 juga dimakamkan disana,” tandasnya.

Ahmad membeberkan, bahwa tetangganya yang meninggal dan positif Covid-19 tersebut tidak mendapat izin dari pihak kecamatan asal untuk dimakamkan di TPU Krapyakrejo,

“Akhirnya jenazah dengan berat hati dimakamkan di TPU Pohjentrek, padahal tanah untuk pemakamannya di TPU Krapyakrejo sudah digali,” tutup Ahmad. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Baru Dibangun, Jalan Majapahit Kota Pasuruan Bikin Was-was, Kenapa ?

Baca Juga

Pusat Oleh-oleh Ketapang Kota Probolinggo Kini Tidak Seramai Dulu, Mengapa?

Probolinggo,- Kota Probolinggo memiliki pusat oleh-oleh di jalur Pantura Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, yang selalu …