MAYANGAN-PANTURA7.com, Sempat tutup gara-gara pemilik terinfeksi Covid-19, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Amanah Kota Probolinggo, akhirnya kembali buka layanan. Langkah itu ditempuh setelah seluruh karyawan rumah sakit swasta tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Pemilik RSIA Amanah, AM menjelaskan, RSIA Amanah sempat menghentikan layanan setelah ia terkonfirmasi positif Covid-19. Menurut AM, ada kekhawatiran dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo, RSIA Amanah menjadi sumber penularan virus korona.

“Gugus tugas khawatir karena saya positif, takut kalau ada karyawan (RSIA) Amanah baik dokter atau perawat atau bidan yang positif juga sehingga jadi sumber penularan,” kata AM saat dikonfirmasi, Sabtu (1/8/2020).

Atas hal itu, lanjut dokter sekaligus anggota DPRD Kota Probolinggo ini, semua karyawan RSIA Amanah diperiksa. “Nah sambil nunggu hasil swab semua karyawan (keluar), (RSIA) Amanah jangan dulu melayani pasien,” tuturnya.

Pada Jum’at malam, imbuh AM, hasil swab keluar dimana keluarganya dan semua karyawan di RSIA Amanah dinyatakan negatif Covid-19. Dengan hasil itu, maka RSIA Amanah memutuskan kembali buka layanan, terhitung hari ini.

“Alhamdulillah, dengan negatif semua karyawan dan saya sendiri isolasi, tentu sudah dapat kita pastikan tidak ada sumber penularan di (RSIA) Amanah. Semoga ini cepat pulih dan kita semua dapat beraktivitas normal,” harap dokter spesialis kandungan ini.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo, dr. Abraar H.S. Kuddah sebelumnya mengatakan, Gugus Tugas telah berkirim surat ke RSIA Amanah untuk lockdown atau menghentikan layanan sementara, terhitung sejak Kamis (30/7/2020).

“Guna kepentingan tracing kontak erat dengan dokter yang positif, kami sudah kirim surat imbauan lockdown dan tidak menerima pasien terlebih dahulu,” tandas Abraar. (*)

Baca Juga  Bertambah 21, Warga Terpapar Covid-19 di Pasuruan Jadi 40 Orang

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi