Akademisi dan Pengurus Banyak Organisasi Itu Meninggal

DRINGU-PANTURA7.com, Akademisi dan pengurus sejumlah organisasi di Probolinggo, Dr H Abdul Halim SPd, SH, MPd, MM meninggal dunia, Jumat dinihari tadi (17/7/2020). Selain sebagai Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan) di Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo, almarhum juga dikenal aktif di sejumlah organisasi keagamaan dan kemasyarakatan.

Pria kelahiran Probolinggo, 52 tahun silam itu menjabat Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Probolinggo, Wakil Ketua PCNU Kota Probolinggo, dan Ketua Komisi Kerukunan Umat di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo.

Kepergian almarhum menghadap Sang Khalik pun meninggalkan banyak kenangan berharga bagi saudara dan teman-temannya. “Saya kaget ketiga Jumat dini hari menerima japri WA dari Alfi, putri Pak Halim, yang mengabarkan, ayahnya meninggal,” kata Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, kerabat sekaligus sahabat almarhum.

Alfi menceritakan, menjelang subuh ayahnya sakit keras. Ketika hendak dibawa ke rumah sakit, maut lebih dulu menjemput pria yang ramah itu.

Usai Jumatan, pria penggemar berat kopi itu dimakamkan di pemakamam umum Kelurahan Ketapangan, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Penggemar kopi “kelas wahid” itu ditandai dengan kesukaannya mengopi berkali-kali dalam sehari. Setiap bertemu teman, selalu diajak ngopi bareng. “Bahkan, Pak Halim biasa membawa kopi dalam termos atau botol dari rumah untuk dibawa ke kampus,” kata Hudri.

Selain pengopi berat, Halim juga dikenal perokok berat. “Tetapi frekuensi merokoknya jauh berkurang setelah, Pak Halim sering sakit dan masuk rumah sakit,” ujarnya.

Seperti diketahui, pria paro baya itu memang beberapa kali menjalani rawat inap di rumah sakit. “Sebelum pandemi Covid-19, saya sempat menjenguk Pak Halim opname di rumah sakit karena sakit jantung,” tambah Hudri.

Baca Juga  Akses Air Terjun Kalipedati Krucil 'Bersolek'

“Kalau soal hobi ngopi, saya mengenal Mas Halim sejak sama-sama kuliah di IKIP Malang,” ujar Sukardi Mitho, teman kuliah sekaligus sabahat almarhum.

Di kalangan NU dan MUI, Halim juga dikenal lama berkiprah. “Kami sangat kehilangan Pak Halim, beliau selalu bersemangat kalau diajak membicarakan soal-soal umat,” ujar Ketua Umum MUI Kota Probolinggo, KH Nizar Irsyad.

“Di FKUB, semangat Pak Halim untuk mengajak sesama umat beragama rukun dan bersatu selalu digelorakan,” kata Sekretaris FKUB, Ahmad Philip.

Sementara itu Dandim0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo menuturkan, apa saja hal baik yang telah dilakukan dan ditorehkan almarhum, khususnya untuk kampus UPM, akan bernilai ibadah.

“Semoga dosanya diampuni dan ditempatkan di sisi Allah SWT. Untuk keluarga, semoga dikuatkan menghadapi ujian ini,” ujar Dandim. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …