Stop Perceraian Anggota, Polres Probolinggo Gandeng PA

KRAKSAAN-PANTUTA7.com, Untuk menghindari lonjakan angka perceraian anggotanya, Polres Probolinggo menggandeng Pengadilan Agama (PA) Kraksaan melalui Mou (Memorandum of Understanding). Mou dilakukan pada Rabu (16/7/2020).

Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan mengatakan, ada 2 hal yang menjadi tujuan dalam kesepakatan bersama dengan PA Kraksaan. Pertama, penanganan dalam kegiatan persidangan maupun eksekusi putusan yang sudah dibuat oleh PA Kraksaan.

“Kedua, kesepakatan masalah pendaftaran gugatan perceraian oleh anggota Polri. Di Polri ada aturan internal, sehingga anggota Polri ataupun istrinya tidak bisa langsung mendaftar tanpa ada rekomendasi dari kesatuan dimana ia berdinas,” kata Kapolres.

Kepala PA Kraksaan, Ahmad Nurul Huda menyampaikan, sejak tahun 2020 angka perceraian anggota Polri di Kabupaten Probolinggo tidak terlalu tinggi. Hanya saja, kata dia, sebagai penegak hukum anggoga Pri harus jadi suri tauladan.

“Karena anggota Polri menjadi contoh masyarakat. Mereka harus memastikan rumah tangganya lebih baik dulu, sehingga penegakan hukum di Kabupaten Probolinggo bisa semakin baik,” kata Huda.

Sejak 1 Januari hingga Mei 2020, terdapat 2 anggota Polri yang sudah mendaftar di PA Kraksaan. Masing-masing mengajukan pada Kamis 14 Mei dan pada Rabu 20 Mei.

Dari 2 perkata itu, dikatakan Huda, 1 orang sudah diputus pada Senin 29 Juni. Sedangkan 1 anggota lainnya masih dalam proses maksimal sampai 6 bulan kedepan atau sampai mendapatkan surat ijin cerai dari atasannya.

“Dua anggota tersebut mengajukan cerai gugat yang diajukan oleh istrinya. Faktor penyebab perceraian, karena perselisihan terus menerus yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan kehadiran orang ketiga,” tandasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  KPK Soroti Korupsi di Probolinggo, Kapolres: Itu Tidak Salah

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …