Puskesmas Wonoasih jadi Rumah Karantina, Pasien Rawat Inap dialihkan

WONOASIH-PANTURA7.com, Pasien rawat inap di Puskesmas Wonoasih dialihkan ke Puskesmas Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Pengalihan ini lantaran tempat rawat inap di Puskesmas Wonoasih dijadikan rumah karantina bagi pasien rapid test non-reaktif.

Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Kesehatan mengambil kebijakan ini sebagai antisipasi menyusul kian masifnya warga yang terpapar Covid-19. Apalagi sejumlah lokasi karantina banyak yang sudah over kapasitas.

Fasilitas di Puskesmas Wonoasih yang dialihfungsikan adalah ruang rawat inap, dengan kapasitas sekitar 30 bed. Ruangan ini, nantinya menjadi lokasi karantina bagi warga yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo NH Hidayati, Kamis (26/7/2020). Namun menurutnya, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap dijalankan meski sebagian tempat di Puskesmas Wonoasih jadi rumah karantina.

“Yang kami gunakan hanya tempat rawat inap, jadi untuk pelayanan tetap jalan. Rawat inap sementara kami alihkan ke Puskesmas Ketapang mulai hari ini sampai meredanya Covid-19 di Kota Probolinggo,” jelasnya saat dihubungi via jaringan seluler.

Saat ini, imbuh Hidayati, masih belum ada pasien yang dikarantina di Puskesmas Wonoasih. “Hanya kami dari telah melakukan persiapan telebih dahulu,” paparnya.

Diketahui per Kamis (16/7/2020), pasien positif Covid-19 di Kota Probolinggo sebanyak 151 orang. Rinciannya, 65 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang diantaranya meninggal dunia. (*)


Editor : Efendi Mihammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Tes Rapid Antigen di Pelabuhan, Banyak Nelayan ‘Ngacir’

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …