Pelabuhan Probolinggo Siapkan Skenario New Normal

MAYANGAN-PANTURA7.com, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Probolinggo, Pelindo III, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menyiapkan skenario new normal di lingkungan pelabuhan. Hal itu merujuk pada Surat Edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Di antara kebijakan menjelang new normal itu, otoritas di pelabuhan melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani jika telah berstatus bebas karantina.

“Pengajuan pelayanan melalui web portal Indonesia Gateway yang bisa digunakan untuk setiap cabang pelabuhan, Container Terminal Operating System (CTOS) yang digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Tanjung Tembaga Probolinggo baik untuk layanan domestik maupun internasional,” kata Kepala KSOP Kelas IV Probolinggo,Capt. Subuh Fakkurochman saat rapat koordinasi di kantornya, Sabtu (11/7/2020).

Selain itu, sistem e-berthing juga sudah diterapkan di Pelabuhan Tanjung Tembaga. Sistem ini digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online yang diajukan oleh perusahaan pelayaran.

“Layanan digital ini sudah kita terapkan di seluruh lingkungan pelabuhan yang didesain khusus bagi para pengguna jasa yang dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja. Sehingga kami akan mengoptimalkan layanan tersebut saat penerapan skenario the new normal agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar,” terang Capt. Subuh.

Namun jika ada pengguna jasa atau tamu yang harus bertatap muka secara langsung karena keperluan yang mendesak, maka diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan. Seperti pengecekan suhu badan, penggunaan masker, hand sanitizer, serta penerapan physical distancing.

Sementara itu, pihak Pelindo III akan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat kepada para karyawannya. Juga penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) wajib bagi para petugas operasional dan pandu, serta mengoptimalkan penggunaan sistem administrasi digital yang sudah diterapkan sebelumnya.

Baca Juga  Anggaran Dikepras, MUI Hindari Kumpulan Orang

Kami terus berupaya menjaga kesehatan karyawannya dengan baik sebagai prioritas perusahaan di tengah pandemi Covid-19 dengan menjaga lingkungan kerja yang bersih, anjuran untuk rutin berolahraga, dan pengecekan kesehatan karyawan secara rutin juga menu makanan sehat.

“Pelindo III menyiapkan skenario the new normal untuk menyesuaikan pola hidup baru di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas,” jelas General Manager Pelindo III, Adji Djoko Wibowo.

Lanjutnya, penyiapan skenario the new normal di lingkungan Pelabuhan Tanjung Tembaga ini juga menyesuaikan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah daerah setempat.

“Pihak kami akan terus memastikan layanan operasional berjalan dengan lancar sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga kelancaran logistik Indonesia khususnya di Probolinggo. Dengan the new normal ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung program-program strategis pemerintah,” kata Aji. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tabrak ‘Bokong’ Truk, Pemuda Krejengan Meregang Nyawa

Probolinggo – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. …