Jika Terlibat Narkoba, Anggota TNI Dipecat

MAYANGAN-PANTURA7.com, Jika ditemukan anggota TNI yang terlibat narkoba, sanksinya bisa sampai pada pemecatan. Untuk memastikan prajurit TNI tidak terlihat barang haram tersebut, Kodim 0820 Probolinggo menggelar pemeriksaan urine bagi jajaran anggota Kodim.

“Hari ini ini tes urine diikuti 60 orang, dari personel TNI dan PNS di Kodim. Alhamdulillah, hasilnya semua negatif,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0820, Letkol Inf. Imam Wibowo, Jumat (3/7/2020).

Dikatakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini merupakan perintah dari atasan. “Program ini rutin dilaksanakan. Semoga jajaran Kodim 0820 Probolinggo bebas dari narkoba,” kata Dandim.

Pada masa pandemi Covid-19, pemeriksaan urine mengacu pada protokol kesehatan. Anggota TNI dan PNS di lingkungan Kodim diminta menjaga jarak aman dan memakai masker.

Pemeriksaan urine melibatkan Laboratorium Dokpol Polresta dan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo. “Secara bertahap, semua prajurit dan pegawai di lingkungan Kodim harus menjalani tes urine,” kata Letkol Imam.

Jika sampai ditemukan ada prajurit atau pegawai yang positif menggunakan narkoba, akan langsung diproses dan dikenai sanksi. Bila ada yang positif, kami sesuaikan dengan ketentuan yang ada. Tahap demi tahap, akan kita sesuaikan dan laporkan dengan komando atas. Segera dilakukan tindakan tegas bahkan dipecat dari kedinasan” katanya.

Sementara itu PjsPasi Intel Kodim 0820, Kapt. Arh. Heri Widodo menjelaskan, peredaran narkoba di wilayah Probolinggo cukup tinggi. Kondisi tersebut sangat rentan terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Jika tidak dilakukan pencegahan, tidak menutup kemungkinan penyalahgunaan narkoba bisa merambah jajaran TNI AD. Untuk itu sejak dini pihak Kodim 0820 melakukan pencegahan dengan cara melakukan tes urine bagi seluruh anggota.

“Pelaksanaan tes urin ini dilakukan semata-mata untuk menjamin personel TNI profesional, bermental kuat, serta terbebas dari pengaruh dan keterlibatan dalam tindak pidana kejahatan narkotika,” terang Heri.(*)

Baca Juga  Gudang Pantai Permata Pilang Dibobol Pencuri


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Butuh Uang untuk Hadiri Pernikahan di Jakarta, Pemuda di Lumajang Nekad Curi Motor

Lumajang,- Pemuda di Lumajang dengan inisial V (21), nekad mencuri motor dengan dalih untuk biaya …