Khofifah Sebut Kampung Tangguh di Jatim Jadi Percontohan Nasional

MAYANGAN-PANTURA7.com, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengklaim, Kampung Tangguh Semeru (KTS) yang dibentuk untuk mencegah dan menanggulangi Covid-19, sejauh ini efektif. Bahkan saat ini, KTS di Jatim jadi role model nasional.

Dikatakannya, 3 hari lalu ia rakor bersama BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Kala itu, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri menyampaikan, salah satu yang dijadikan role model untuk membangun ketangguhan masyarakat adalah Kampung Tangguh dari Jatim.

“Saat ini banyak provinsi lain yang menggunakan terminologi yang bermacam-macam. Namun prinsip-prinsip Kampung Tangguh Jatim sudah dijadikan role model secara nasional,” kata Khofifah saat meninjau KTS Benteng Mayangan, Kota Probolinggo, Rabu (17/6/2020) sore.

Penanggulangan Covid-19 dengan berbasis masyarakat yang ditopang TNI-Polri, menurut Khofifah tidak hanya untuk pandemi COVID-19, tapi juga menyiapkan semua tatanan kehidupan memasuki era normal baru

“Jadi tidak hanya untuk penanggulangan pandemi Covid-19, namum juga keberlanjutan kehidupan bermasyarakat dengan solidaritas yang tinggi dalam membangun ketahanan di lini paling bawah,” papar kader NU ini.

Secara khusus, Khofifah memuji KTS Benteng yang disebutnya sebagai yang terbaik di Jatim. Sebab, jelas dia, KTS Benteng kaya inovasi, displin masyarakatnya tinggi, serta melibatkan UMKM yang menjadi masyarakat penggerak ekonomi kreatif.

“Dari kampung tangguh di kota dan kabupaten yang sudah saya kunjungi, Kampung Tangguh Benteng di Mayangan Kota Probolinggo ini adalah yang terbaik di Jawa Timur,” pujinya.

“Khofifah optimistis keberadaan Kampung Tangguh di Jatim bisa berkelanjutan. Tak hanya dalam pandemi Covid-19, tetapi juga untuk tatanan kehidupan selanjutnya.

“Karena solidaritas dan kohesivitas sosial sudah terbangun dari lini paling bawah,” tandas dia. (*)

Baca Juga  Demi Perda, Bapemperda DPRD Kunker ke Jembrana

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …