Lawan Covid-19, Kabupaten Sidoarjo Luncurkan Kampung Tangguh Semeru

SIDOARJO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama kepolisian, Kodim 0816 dan Pemerintah Desa meluncurkan Kampung Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib dan Rukun). Langkah ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat desa.

Kali ini, Kampung Tangguh yang diluncurkan adalah di Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, dan Desa Wage, Taman, dan Desa Pabean, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, pada Rabu (27/5/2020) siang.

“Program ini digagas Kapolda Jatim untuk mengoptimalkan peran serta masyarakat dan membangun kedisiplinan warga di tingkat desa, khususnya dalam mencegah persebaran Covid-19,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Pencegahan dan penanganan wabah virus corona, papar Sumardji, tentu tidak mungkin hanya diserahkan kepada pemerintah. Upaya itu juga menuntut partisipasi dan kedisiplinan masyarakat, relawan, maupun perangkat desa.

“Semua pihak mesti saling mengingatkan untuk menaati protokol kesehatan. Misalnya, memakai masker jika keluar rumah, keluar masuk desa harus lapor RT/RW, sering cuci tangan, melakukan physical distancing, dan sejenisnya,” tutur dia.

Kepala Desa Pepelegi Iswahyudi mengaku, pihaknya bersama warga menyambut baik pembuatan kampung tangguh beserta satgas-satgasnya. Ia optimis melalui program ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di desanya.

Dikatakannya, keberadaan posko Kampung Tangguh tingkat desa yang dilengkapi dengan ruang isolasi, ruang kesehatan, ketersediaan gudang dan lumbung pangan, sarana public address seperti cctv, speaker dan ambulance, bakal efektif menekan penyebaran Covid-19.

“Kampung tangguh ini juga ditopang satgas-satgas serta bhabinkamtibmas dan babinsa yang selalu siap menangani bila terjadi keadaan darurat dari bahaya Covid-19,” tandasnya.

Iswahyudi mencontohkan, dalam pemakaman pasien Covid-19 misalnya, warga desa bersama perangkatnya diharapakan dapat menjalankan tugas sesuai protokol kesehatan atau SOP. “Sehingga angka penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” harap dia. (*)

Baca Juga  Rekapitulasi Suara di PPK Dijaga Pasukan Bersenjata


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …