Covid-19 Masih Merebak, 4 Orang Pemudik dan 2 Nakes Terpapar

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo kian bertambah. Per Senin (25/5/2020), tercatat ada 6 pasien baru, sehingga total pasien positif Covid-19 kini 83 orang.

Enam pasien tersebut terdiri dari 2 klaster, 4 orang dari Klaster Pelangi diantaranya, laki-laki berusia 40 tahun asal Desa Tlogosari dan perempuan berusia 31 tahun asal Desa Ranuagung, Kecamatan Tiris yang baru pulang mudik dari Bali.

Selanjutnya, laki-laki berusia 39 tahun asal Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris yang merupakan pemudik dari Surabaya dan laki-laki berusia 34 tahun asal Desa Pakuniran yang pulang mudik dari Pontianak.

Sedangkan 2 pasien sisanya berasal dari Klaster Tenaga Kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas. Berupa seorang laki-laki 33 tahun asal Desa Karanganyar Kecamatan Paiton dan perempuan 31 tahun asal Desa Jangur, Kecamatan Sumberasih.

Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan, 6 orang pasien ini kondisinya stabil. Olah karenanya, ereka masuk dalam OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Empat pasien dari Klaster Pelangi, merupakan hasil karantina yang pada waktu dilakukan rapid test hasilnya reaktif. Kemudian diswab, hasilnya positif,” kata dr. Anang.

Sementara 2 pasien dari Klaster Tenaga Kesehatan (Nakes) dari RSUD Tongas, menurut dr. Anang, sumber penularannya masih belum diketahui. Sehingga, pihaknya masih melakukan tracking atau pelacakan.

“Tetapi sepertinya dari tenaga medis, seorang dokter yang sumber penularannya tidak jelas dan tidak kontak kemana-mana. Dugaannya, ia terlibat kontak dengan tenaga medis yang sebelumnya terkonfirmasi positif, kemungkinan penularannya horizontal,” jelasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Kunjungi Kawasan Terdampak Banjir, Anisa Syakur Targetkan Bangun Plengsengan dan Jembatan

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …