Puasa, Buah-buahan di ‘Pasar Mastrip’ Diserbu Pembeli

KEDOPOK-PANTURA7.com. Buah-buahan segar seperti, melon, blewah, semangka, manggis, klengkeng, hingga jeruk menjadi komoditas yang banyak dicari warga untuk berbuka puasa. Permintaan buah segar di Probolinggo pun meningkat pada bulan Ramadhan.

Fenomena itu terlihat di “Pasar Buah” di Jalan Mastrip, Kota Probolinggo, Sabtu (9/5/2020). Salah seorang pedagang di pasar buah darurat itu mengaku, bisa menjual sekitar satu kuintal buah melon per hari.

“Banyak diserbu pembeli, terutama pedagang es yang akan berjualan takjil,” ujar Rachman, Sabtu sore.

Menurutnya, omzet penjualannya lumaya meningkat meski belum pada puncaknya. “Harganya bagus, hari ini Rp 10.000 per kilogram. Naik dibandingkan minggu lalu yang Rp9.500,” terangnya.

Meski demikian, lanjutnya, lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai Rp 8.000 per kilogram. Harga tersebut diperkirakan akan stabil karena saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Konsumsi buah yang meningkat menyebabkan pedagang mesti menambah pasokan. Terlebih melon tumbuh subur di dataran rendah yang cuacanya panas. Termasuk di Kota Probolinggo sejumlah petani juga menanam melon.

“Ada yang mendatangkan dari luar daerah. Memasuki puasa ini menambah kiriman dari daerah lain sebanyak lima kuintal per minggu,” terangnya.

Buah manggis misalnya didatangkan dari Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. “Kalau salak pondoh dipasok dari Pronojiwo, Lumajang. Jeruk dipasok dari Batu, ada juga jeruk dari Jember,” ujar Rachman.

Sejumlah pembeli mengaku, senang berbelanja buah-buahan di Jalan Mastrip. “Kalau dulu penjual kan bertebaran di sepanjang jalan, sekarang lebih enak terpusat di satu tempat. Mau beli buah apa saja ada,” ujar Ali, warga Jalan Letjen Sutoyo, Kota Probolinggo. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  Blewah, Buah Favorit Buruan Emak-emak

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …