Awal Puasa, Pedagang Menu Takjil Bermunculan

KANIGARAN-PANTURA7.com. Sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadhan, penjual makanan dan minuman (mamin) untuk takjil menjamur Kota Probolinggo. Pada hari pertama puasa, Jumat (24/4/2020) misalnya, para pedagang dadakan terlihat di sepanjang jalan di Kota Probolinggo seperti, di Jalan Pahlawan dan Jalan HOS Tjokroaminoto.

Para penjual menu takjil juga bisa dijumpai di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Gatot Subroto dan di kawasan Perum Asabri.

Mereka menjual aneka makanan mulai dari kurma, kolak, dan kue-kue, yang kebanyakan bercitarasa manis. Ada juga makanan yang lebih “berat” seperti, aneka lauk pauk, sayur berkuah, dan lain-lain.

“Kami memang sudah rutin berjualan sepanjang tahun. Tapi kebanyakan pedagang di sini, berjualan pada saat bulan Ramadhan saja,” kata Yani, penjual nasi jagung, urap-urap, pepes tongkol dan lainnya, Jumat sore.

Sehari-hari-hari memang selalu ada pedagang makanan di sejumlah sudut di Kota Probolinggo. Namun khususnya bulan Ramadhan, muncul puluhan pegagang dadakan yang berjualan menu takjil.

Bu Gatot, penjual kolak dan kue-kue untuk berbuka di kawasan Perumahan Asabri mengatakan, dirinya dan sejumlah pedagang biasa buka sejak pukul 16.00 WIB. Dagangan yang dijual adalah titipan para produsen rumahan, dengan sistem membayar kue-kue yang terjual.

Pada hari pertama, kata Bu Gatot, dagangan yang dijual belum lengkap, karena biasanya para pembuat kue, masih menyesuaikan dengan permintaan pasar. “Kalau hari kedua, dagangan lebih lengkap dan lebih banyak dari ini,” katanya.

Salah satu pembeli, Aji mengatakan, warga bisa terbantu dengan adanya pedagang menu takjil. “Menunya banyak, tinggal pilih, mulai kue hingga lauk pauk ada,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhamad Rizal


Baca Juga  Terdata, Tiga Lansia di Kotaanyar tak Terima Uang Bansos

Baca Juga

Waspada! Ini Jalur Rawan Laka dan Kriminal Sepanjang Tongas hingga Kota  Probolinggo

Probolinggo,- Untuk mengantisipasi tindak kejahatan maupun kemacetan saat lebaran, Polres Probolinggo Kota mendirikan empat pos …