Tangkal Corona, Ramuan Empon-empon Dibagikan Gratis

KANIGARAN-PANTURA7.com, Tak ingin virus corona atau Covid-19 merebak di Kota Probolinggo, pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat membagikan ramuan empon-empon, Senin (303/2020/.

Empon-empon yang terbuat dari jahe, kunyit, serai, temulawak dan sebagainya, dinilai ampuh untuk menangkal virus corona. Ramuan ini disebut-sebut dapat melawan virus corona saat masuk ke dalam tubuh.

“Empon-empon bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Juga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti flu, pilek maupun batuk. Setidaknya ada upaya pencegahan dini atas virus corona,’’ kata salah satu pelaku UMKM, Zainal Abidin, saat membagikan empon-empon di halaman kantor Satpol PP setempat.

Empon-empon itu diberikan secara gratis kepada anggota Satpol PP, karena menurut Zainal Abidin, Satpol PP menjadi garda terdepan pemerintah Kota Probolinggo dalam menanggulangi bencana non-alam virus corona.

Selama ini, lanjutnya, Satpol PP bersama TNI/Polri bahu membahu mensosialisaskkan pola hidup bersih dan sehat, melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah kawasan, hingga menjaga jalan saat Polres Probolinggo Kota menerapkan Physical Distancing.

“Ramuannya terdiri dari bahan ekstra alami, diantaranya jahe, alang-alang, serai, kayu manis, kunyit, jeruk nipis dan lainnya. Semua ramuan tersebut dikombinasikan dengan cara direbus, lalu diseduh dan diminum dengan kondisi hangat maupun dingin,” tutur dia.

Kasatpol PP Kota Probolinggo, Agus Efendi mengaku sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan pelaku UMKM kepada satuan kerjanya. Agus juga berharap, usaha produktif yang digeluti Zainal Abidin dan pelaku UMKM lain, dicontoh oleh warga lainnya.

“Saya berharap hal serupa dilakukan oleh teman teman yang lain untuk membuat minuman empon-empon, yang bisa dikonsumi oleh masyarakat luas dalam meningkatkan daya tahan tubuh,” harap Agus. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi

Baca Juga  Datangi Buruh Pabrik Rokok, Gus Muhaimin Sosialisasikan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja

Baca Juga

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

Probolinggo,- PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga keandalan listrik selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah. …