Perangi Covid-19, Traffic Light Dilengkapi Voice Recorder

MAYANGAN-PANTURA7.com, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo memasang rekaman suara atau Voice Recorder pada traffic light di sejumlah persimpangan. Pemasangan alat ini bertujuan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat pengguna jalan pasca merebaknya penularan virus corona

Voice Recorder itu berbunyi ketika lampu merah menyala atau ketika kendaraan berhenti dengan harapan para pengguna jalan dapat menyimak pesan suara tersebut. Sejauh ini, Voice Recorder terpasang di 3 titik, yakni traffic light Brak, King dan Flora.

“Kita bekerja sama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dalam penyiapan voice recorder pada traffic light,” kata Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kota Probolinggo, Purwantoro, Sabtu (28/3/2020).

Pertimbangan untuk pemasangan Voice Recorderdi persimpangan karena arus lalu lintas yang padat dan dan merupakan tempat keramaian. Sehingga dinilai mampu menjadi media sosialisasi pencegahan virus coronaa atau Covid-19.

Selain memasang Voice Recorder, Dishub juga meliburkan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, sterilisasi kawasan fasilitas parkir angkutan barang, dan merencanakan untuk meliburkan juru parkir (jukir) atau melakukan penataan kerja shift khusus pada area parkir tertentu.

“Semisal parkir Pasar Baru, tidak (mungkin) diliburkan. Kebijakan ini adalah demi untuk menjaga dan melindungi petugas dan keluarganya dari penyebaran virus Covid-19,” tandas Purwantoro.

Secara terpisah, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengklaim, pemerintah kota telah berupaya maksimal untuk melakukan pencegahan virus corona. Imbauan melalui trafic ligth dianggap salah satu cara efektif untuk mengajak masyarakat memerangi virus mematikan itu.

“Humas juga agar terus membagikan materi sosialisasi yang sederhana dan mudah dipahami tentang pencegahan virus corona. Intensifkan penyebaran materi sosialisasi baik versi manu maupun digital,” pinta Wali Kota. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : Rizal Wahyudi

Baca Juga  Jelang Keberangkatan, 205 CJH Kota Probolinggo Jalani Pembinaan Kesehatan

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …