Masker dan Hand Sanitizer Langka, Rutan Kraksaan Andalkan Desinfektan

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Merebaknya virus corona atau Covid-19, membuat Rumah Tahanan (Rutan) kelas 2B di Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, kelabakan. Pasalnya, masker dan hand sanitizer yang akan diberikan kepada warga binaan maupun pengunjung sulit didapatkan.

Padahal, warga binaan di Rutan Kraksaan jumlahnya mencapai 453 orang. Alhasil, untuk mencegah penularan virus corona di kawasan di sekitar warga binaan, pihak rutan hanya mengandalkan cairan desinfektan.

Kepala Rutan Kelas 2B Kraksaan, Muhammad Kafi mengatakan, akibat kelangaan masker dan hand sanitizer, warga binaan terpaksa menggunakan cara sederhana untuk menjaga kesehatannya. Yaitu rutin menggunakan sabun yang disediakan Rutan.

“Total ada 453 warga binaan, dimana setiap kamar dihuni 60 sampai 70 orang. Kami masih belum mendapatkan hand sanitizer dan masker, meski sudah pesan dengan harga mahal, tapi belum dapat juga,” kata Kafi, Kamis (26/3/2020).

Langkah awal agar lingkungan dan warga binaan tetap bersih, sambung Kafi, pihaknya melakukan penyemprotan desinfektan di kamar-kamar para penghuni rutan. Penyemprotan dilakukan secara berkala oleh petugas.

“Jadi solusi awal ya, hanya menyemprotkan desinfektan saja di kamar warga binaan. Sebab masker ataupun hand sanitizer, kami tidak ada stok. Petugas saja, banyak yang tidak memakainya,” jelas dia.

Selain penyemprotan desinfektan, lanjut pria asal Pamekasan Madura ini, ikhtiyar batin juga dilakukan melalui doa. Langkah ini, imbuh dia, bukan berarti pihak rutan tidak mau mengindahkan aturan pemerintah.

“Sudah tidak ada lagi yang bisa kami lakukan. Makanya saya perintahkan setiap selesai sholat Maghrib, membaca istighosah bersama. Karena alat-alat kesehatan lain selain desinfektan, kami tidak ada,” tutur Kafi. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Prabowo - Gibran Menang Telak di Rutan Kraksaan

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …