Berpotensi Jadi Kawasan Pandemik Covid-19, Pelabuhan Disemprot

MAYANGAN-PANTURA7.com, Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di Kota Probolinggo, UPT PPP Mayangan bersama HNPP (Himpunan Nelayan Dan Pengusaha Perikanan) serta Kamladu Mayangan melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Selain itu, petugas menggunakan Thermo Gun (Pengukur Suhu) untuk memeriksa para pengunjung maupun pekerja pelabuhan. Upaya preventif ini dilakukan di pintu masuk pelabuhan, Selasa (24/3/2020).

Ketua HNPP Probolinggo Raymon melalui Pelaksana Harian, Wiwit Hariyadi mengatakan, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempersempit penyebaran virus corona.

“Seebelumnya kami lakukan penyemprotan areal parkir pintu masuk serta di tangga dan pintu kapal,” kata Wiwit.

Penyemprotan ini, menurutnya, akan dilakukan hingga selama beberapa hari kedepan. Terkait stok material cairan disinfektan, Wiwit menyatakan masih cukup hingga 1 minggu kedepan.

“Sebenarnya masih cukup, namun saya berharap ada penambahan stok lagi, mengingat saat ini sangat sulit mendapatkan cairan disinfektan,” papar dia.

Wiwit menambahkan, kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung juga para pekerja di pelabuhan. Menurutnya, kegiatan penyemprotan disinfektan jika dilakukan secara rutin dilakukan, dapat memberikan rasa aman.

“Penyemprotan juga dilakukan pada seluruh bagian kapal, termasuk tempat-tempat yang sering dikunjungi penumpang seperti toilet, tempat tidur penumpang, dek kapal, dan tempat ibadah,’’ imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, petugas dari Kamla (Keamanan Laut) Mayangan juga melakukan pengecekan kesehatan dengan bagi para pengunjung maupun pekerja di laut. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan para pekerja maupun pengunjung dalam kondisi yang sehat. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Ngabuburit’, Atlet Paramotor Latihan Bebas di Pelabuhan Perikanan

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …