KANIGARAN-PANTURA7.com, Penyebaran virus corona yang kian menyebar luas, membuat Kodim 0820 Probolinggo merutinkan kegiatan antisipasi. Salah satunya, dengan membiasakan pola hidup sehat dan rajin berolahraga.


Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf.Imam Wibowo menyebut, olahraga dengan intensitas yang cukup sangat perlu dilakukan. Sebab, hal itu dapat menurunkan risiko terinfeksi virus corona.


“Jika seseorang jarang berolahraga maka risiko terinfeksinya tinggi, sedangkan jika olahraga cukup, tingkat risiko terinfeksinya rendah,” ujar Dandim, Jumat (20/3/2020).


Adapun durasi ideal berolahraga, menurut Imam Wibowo, yaitu cukup dengan waktu 30 menit hingga satu jam. Apabila olahraga di atas satu jam, lanjut dia, justru akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan rentan.


“Kalau mau outdoor, boleh boleh saja asalkan tempat olahraganya tidak terpapar corona. Kondisi badan sedang fit dan disarankan olahraga secara individual dengan perhatian jarak 1,5 hingga 2 meter,” ia menjelaskan.


Ia juga menyarankan agar tidak menggunakan masker saat berolahraga. Hal itu, papar dia, dapat menghambat masuknya oksigen ke dalam tubuh.


“Oksigen itu kita dapatkan saat kita menghirup udara. Ketika kita menggunakan masker justru udaranya akan terhambat masuk ke dalam paru-paru,” ujarnya.


Imbuh Dandim, rutin berolahraga dengan intensitas cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga menjadi salah satu faktor penting melawan dan mencegah virus corona.


“Virus corona ini self-limited disease jadi dia akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh kita,” tandasnya.


Terakhir, Dandim mengingatkan bahwa ada lima hal penting yang harus diingat agar tidak terpapar virus corona. Pertama adalah jaga jarak dengan orang lain, dilarang jabat tangan, kemudian cuci tangan.


“Lalu hindari kerumunan, terakhir adalah jangan lupa berdoa,” katanya memberikan tips. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT