Bikin Warga Desa Heppiii, Karta Patriot Jadi Percontohan di Probolinggo

GENDING-PANTURA7.com, Karang Taruna (karta) Patriot Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending Probolinggo kini sedang jadi buah bibir. Berkat programnya membangun desa dan membuat warga desa jadi heppiii, banyak desa lain di Probolinggo ingin mencontoh.

Karta Patriot merupakan bagian dari Heppiii Community yang berada di wilayah Probolinggo, Jawa Timur. Program Karta Patriot difokuskan pada tiga aspek utama, yakni peningkatan pengetahuan, pelayanan kesehatan dan tanggap bencana.

“Kami berusaha menjalankan program-program yang membumi, yang jadi kebutuhan warga desa. Kami yakin anak muda bisa berbuat lebih banyak untuk kemajuan desanya sesuai potensi desa,” kata Ketua Karta Patriot, Faqih Rizky Muhammad, akhir pekan lalu (14/3).

Menurut laki-laki berusia 20 tahun ini, sejumlah program yang dikembangkan oleh Karta Patriot di antaranya pengembangan perpustakaan desa untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak desa.

Faqih menambahkan, saat ini perpustakaan desanya memiliki 1000 buku bacaan dengan sekitar 600 judul. Perpustakaan desa ini juga dilengkapi dengan 4 unit komputer yang bisa digunakan sebagai sarana belajar warga.

“Kami mengajukan bantuan buku ke perpustakaan nasional. Alhamdulillah dapat seribu buku dan dilengkapi komputer,” ujar Faqih.

Di perpustakaan ini pula Karta Patriot juga membantu bimbingan belajar bagi anak-anak. “Kami ada program belajar bareng gratis untuk siswa SD dan SMP. Sekarang sudah ada 19 anak aktif (peserta tetap). Kegiatannya seminggu tiga kali pertemuan, Jumat belajar komputer,” jelasnya.

Khusus untuk perpustakaan ini Faqih mengakui masih terkendala dengan guru matematika. Program lain dari Karta Patriot adalah membentuk tim tanggap bencana. Maklum, di desa Brumbungan Lor sering terjadi bencana alam seperti puting beliung dan banjir.

Dengan adanya tim tanggap bencana ini, papar Faqih, kegiatan kebencanaan seperti evakuasi dan penyediaan dapur umum darurat dapat dilakukan cepat.

Baca Juga  Pandemi Belum Berakhir, Wastafel Portabel Kembali Disebar

“Kegiatan sosial ini sudah sering kamu lakukan karena puting beliung dan banjir sering terjadi,” tutur Faqih.

Karta Patriot juga memprakarsai pengobatan gratis untuk umum bersama ke Bid Dokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Jatim. Dalam kegiatan yang sudah berlangsung tiga bulan itu dokter-dokter akan mendatangi warga yang sakit dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kegiatan ini dibantu lima orang dokter dan 12 orang staf medis. Warga yang tidak sakitpun ikut memeriksakan diri seperti cek gula darah dan pengecekan medis lainnya,” katanya.

Berkat program-program inspiratifnya itu, Karta Patriot kini menjadi tempat belajar bagi desa lain di Probolinggo. Faqih pun makin sering diminta untuk mengisi acara di beberapa desa untuk berbagi informasi terkait program-program Karta agar memotivasi Karta lainnya di Probolinggo.

“Kemarin dapat kesempatan sharing di Karang Taruna Kandang Jati. Beberapa desa juga sudah minta saya berbagi ide kreatif ini,” ungkap Faqih seraya tersenyum. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …