Budidaya Udang Vaname, Bisnis Menggiurkan di Pesisir Utara Probolinggo

MAYANGAN-PANTURA7.com, Udang Vaname atau yang sering disebut udang putih, sedang dikembangkan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Probolinggo. Udang jenis ini disebut-sebut memiliki prospek menggiyurkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Budidaya udang Vaname merupakan sektor usaha prospektif, sangat menggiurkan. Saya yakin jika masyarakat menekuninya, akan mampu meningkatkan perekonomian,” kata Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin saat melakukan panen Udang Vaname di Tambak milik Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan di JLU Kecamatan Mayangan, Selasa (17/3/2020).

Menurut Wali Kota, potensi Udang Vaname sangat besar dan cocok dibudidayakan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Probolinggo. Sebab, jelas dia, Udang Vaname banyak peminat karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

‘’Saya berharap, tambak udang Dinas Perikanan yang berada di lahan milik Pemkot ini menjadi solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,’’ imbuh Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, bahwa tambak udang merupakan salah satu budi daya yang memiliki prospek yang sangat baik dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. “Karena memiliki keuntungan dan nilai jual lebih,’’ terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kota Probolinggo, Sudiman menjelaskan, Udang Vaname mempunyai keunggulan mudah beradaptasi dan bukan tipe satwa kanibal.

“Sehingga kemungkinan udang mati sangat kecil. Udang ini juga mampu menghindarkan pebudidaya mengalami kerugian besar akibat gagal panen,” tandasnya.

Udang Vaname, klaim Sudiman, juga memiliki laju pertumbuhan yang cepat sehingga pengelola tambak tidak perlu menunggu panen terlalu lama. “Usia 100 hari sudah bisa panen,” ia menjelaskan. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Tiket KA Mudik-Balik Lebaran di Daop 9 Jember Ludes Dipesan

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …