Sering Banjir, Harga Cabai Anjlok

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Musim panen raya membuat harga cabai merah besar dan harga cabai hijau, turun drastis. Hal ini rupanya banyak mendapat keluhan dari berbagai pihak, entah dari pihak pedagang yang berada di Pasar Semampir, maupun dari petani.

Pantauan PANTURA7.com, harga cabai merah besar atau cabai keriting, saat ini mencapai harga Rp. 17 ribu per kilogram di pasaran, dari harga sebelumnya Rp. 50 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabai hijau, harganya saat ini Rp. 15 per kilogram dari harga awal Rp. 40 per kilogram.

Turunnya harga karena stok mulai melimpah, setelah mendapat pasokan cabai dari luar daerah. Selain itu, kualitas cabai juga tidak begitu bagus karena banyak daerah penghasil cabai sering dilanda banjiir.

“Sudah sekitar satu bulanan harganya turun drastis. Stok banyak, kalau tidak dijual murah, bakal busuk dan makin rugi bagi para pedagang. Apalagi peminat cabai besar atau kecil tidak seperti cabai rawit,” kata Riski Nur Zakariya (28) salah satu pedagang, Sabtu (29/2/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Ridho (25) pedagang cabai merah besar asal Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. Menurutnya, selain stoknya yang mulai melimpah, turunnya harga cabai terjadi setelah pasokan dari berbagai daerah yang tengah panen raya.

“Sudah rata-rata panen raya. Tidak hanya di Probolinggo saja yang mendapat pasokan cabai dari luar daerah, di daerah lain juga sama, kamipun juga mengirim ke luar daerah, seperti Banyuwangi, agar cabai masih bisa diputar penjualannya” ujar Ridho saat dikonfirmasi.

Meskip sudah mengirim keluar daerah, sambung pria berbadan melar ini, terkadang ia sampai mendapatkan harga yang masih di bawa harga pasaran di Probolinggo, hal ini menurutnya, dikeranakan persaingan di luar atau di Kabupaten Probolinggo sendiri terbilang sengit.

Baca Juga  Pilkades Usai, Kades Terpilih Didominasi Wajah Baru

“Petani-petani cabai lain yang berasal dari luar daerah pastinya mengalami panen raya, jadi persaingan harga ketat. Bahkan saat saya ngirim cabai ke Kabupaten Gresik, harganya masih lebih mahal di Probolinggo,” tuturnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Waspada! Ini Jalur Rawan Laka dan Kriminal Sepanjang Tongas hingga Kota  Probolinggo

Probolinggo,- Untuk mengantisipasi tindak kejahatan maupun kemacetan saat lebaran, Polres Probolinggo Kota mendirikan empat pos …