Kunjungi Kawasan Terdampak Banjir, Anisa Syakur Targetkan Bangun Plengsengan dan Jembatan

TONGAS-PANTURA7.com, Musibah banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Probolinggo sejak sepekan terakhir membuat anggota Komisi VIII DPR-RI Anisa Syakur turun tangan. Politisi PKB itupun meninjau kawasan terdampak banjir di wilayah Kecamatan Sumberasih dan Tongas, Senin (24/2/2020).

Anisa Syakur didampingi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, mengunjungi jembatan yang ambrol akibat banjir di Desa Sumendi dan kawasan terdampak banjir di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas.

“Kami ingin mengetahui secara langsung dampak dan penyebab banjir yang terjadi di Kabupaten Probolinggo,” terang Anisa Syakur.

Politisi asal Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan menambahkan, banjir yang merendam wilayah Kabupaten Probolinggo mayoritas disebabkan tanggul jebol dan banyak sungai yang tidak memiliki plengsengan.

“Kami akan mengusulkan ke pusat dan pemerintah provinsi agar segera ada normalisasi sungai, pembangunan plengsengan dan jembatan yang ambrol akibat banjir. Mudah-mudahan sebelum akhir tahun 2020 ini sudah ada realisasi,” tandas Anisa.

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Anisa Syakur (tengah berhijab) saat meninjau jembatan yang ambrol diterjang banjir di Kecamatan Tongas. (Foto : M. Akiduddin)

Sementara, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Sosial mengaku telah melakukan assesment untuk memberikan bantuan jangka pendek kepada warga terdampak banjir. Bantuan itu berupa sembako dan barang.

“Bantuan sudah kita siapkan, termasuk bantuan dari Kementerian Sosial yang sudah datang senilai sekitar Rp 100 juta sekian. Nanti kita distribusikan kepada warga terdampak, untuk jumlah terdampak masih menunggu proses assesment selesai,” tutur Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Achmad Arif. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Awal Puasa, Pedagang Menu Takjil Bermunculan

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …