Waspada! Jembatan di Jalur Wisata Bromo Ambrol

SUKAPURA-PANTURA7.com, Sebuah jembatan penghubung dua desa di jalur wisata Gunung Bromo ambrol. Jembatan ini menghubungkan Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura dengan Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, jembatan itu ambrol pada dinding pembatas jembatan. Dugaan sementara, dinding jembatan itu ambrol akibat diterjang air sungai.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, kuat diduga penyebab ambrolnya dinding jembatan karena derasnya arus air saat hujan turun,” kata Anggit, Kamis (13/2/2020).

Jembatan itu, sambung Anggit, terletak di jalan kabupaten dengan lebar 8 meter, panjang 6 meter dan kedalaman 6,2 meter. Saat in, kata dia, tim gabungan sudah memasang penyangga bambu serta karung berisi pasir agar jembatan yang ambrol tidak meluas.

“Saat ini yang rusak sepanjang 6 meter, lebar 3 meter dan kedalam 6,2 meter, pada bagian dinding jembatan,” Anggit menjelaskan.

Untuk mengantisipasi agar titik ambrolnya jembatan tidak meluas, BPBD bersama Polri, TNI, Satpol PP serta warga setempat memasang tiang penyangga dari bambu. Mereka juga memasang karung berisi pasir di samping dinding jembatan yang ambrol.

“Untuk jalan masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Namun pengendara harus tetap waspada dan berhati-hati,” ucapnya.

Anggit menambahkan, konstruksi jembatan yang ambrol tersebut memang sudah lama dan perlu perbaikan. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait. “Masih kita koordinasikan,” tutup Anggit. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  TNBTS Sayangkan Arogansi Rombongan Mobil Pribadi Ngotot Masuk Bromo

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …