Hadapi Pilkades-Pilkada, Polresta Sidoarjo Bentuk 2 Dua Timsus

SIDOARJO-PANTURA7.com, Menghadapi dua momentum politik di tahun 2020, yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 19 April 2020 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sidoarjo pada 23 September 2020, membuat Polresta Sidoarjo siaga.

Korps coklat ini pun membentuk dua Tim Khusus (Timsus) guna mengamankan situasi kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo. Dua tim ini diberi nama Tim Delta Squad dan Tim Satgas Anti Botoh, yang dilaunching pada Selasa (11/2/2020) pagi.

“Menghadapi Pilkades serentak dan Pilkada Kabupaten Sidoarjo, kami membuat tim Delta Squad dan tim Satgas Anti Botoh Polresta Sidoarjo,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, usai melaunching 2 timsus tersebut.

Tujuan dibentuknya 2 timsus itu, menurut Zain, agar kamtibmas Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif dalam Pilkades dan Pilkada nanti. Tim Delta Squad berjumlah 63 personel, bertugas sebagai tim reaksi cepat guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Misalnya melakukan patroli malam hari, mencegah terjadinya tindakan curanmor, curas dan curat, serta patroli balap liar, maupun tindakan kejahatan lainnya,” Zain menjelaskan.

Sedangkan Tim Satgas Anti Botoh berjumlah 144 personel, sambung Zain, bertugas memberantas praktik politik uang hingga penyalahgunaan informasi melalui media sosial. Sebab hal itu dapat mengganggu situasi kamtibmas selama Pilkades dan Pilkada nanti.

“Kami juga telah mensosialisasikan tugas dan peran dua tim ini. Diharapkan, para calon dapat mematuhi segala peraturan tata tertib Pilkades maupun Pilkada, sehingga situasi kamtibmas di wilayah kita tetap terjaga, aman dan kondusif,” imbau lulusan Akpol 1997 ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pengadilan Negeri Jember 'Berguru' ke Polresta Sidoarjo

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …