Rayakan HPN, Jurnalis Probolinggo Upacara Bendera

MAYANGAN-PANTURA7.com, Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 tahun 2020. Seperti dilakukan Jurnalis di Probolinggo Raya, yang menggelar upacara bendera di halaman Museum Kota Pribolinggo, Senin (10/02/2020) pagi.

Dalam upacara ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Probolinggo hadir ikut memeriahkan. Diantaranya Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang didampingi Wakil Wali Kota, M. Soufis Subri, lalu Kapolresta AKBP Ambariyadi Wijaya yang sekaligus menjadi inspektur upacara.

Selain itu, ada Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf, Imam Wibowo, Ketua DPRD Abdul Mujib, perwakilan Kejaksaan Negeri, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo KH. Nizar Irsyad.

Uniknya, puluhan jurnalis yang mengikuti upacara perayaan HPN, selain mengenakan seragam dari media masing-masing, juga mengenakan topi khas daerah. Yakni blankon dan odeng. Prosesi upacara bendera berlangsung khidmat dari awal hingga akhir upacara.

Barisan jurnalis Probolinggo saat melaksanakan upacara bendera memperingati HPN ke-74 di Museum Kota Probolinggo. (Foto : Istimewa)

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Kraksaan, Richard De Mas Nre mengatakan, upacara bendera menjadi pilihan perayaan awal untuk HPN ke-74 tahun 2020. Selanjutnya masih ada beberapa agenda yang bakal dilaksanakan oleh insan pers.

“Seperti tanam pohon yang bakal dilakukan temen-temen jurnalis nantinya. Puncaknya nanti pada Hari Kamis, tanggal 20 Februari. Untuk upacara, kami agendakan untuk perayaan awal saja,” katanya.

Sementara Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. Ambariyadi Wijaya selaku inspektur upacara mengingatkan bahwa para jurnalis merupakan pilar keempat demokrasi. Jurnalis, jelas dia, memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

“Sebagai pilar keempat demokrasi, rekan-rekan jurnalis punya tanggung jawab yang sama, dalam pembangunan nasional. Juga untuk membantu keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah Probolinggo Raya,” ujar Ambariyadi.

Lanjut Ambariyadi, upacara perayaan HPN ini sangat mengesankan. Selain ada pembacaan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, juga ada pembacaan kode etik jurnalistik.

Baca Juga  Kembalikan Keceriaan Anak-anak Korban Banjir, Jurnalis Sebar Snack

“Meskipun baru pertama kali menggelar upacara perayaan HPN, tapi saya sangat mengapresiasi. Semoga kedepan, tetap terjaga sinergitas antara para jurnalis dengan kami,” harap Kapolresta. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …