Anak Terkurung di Cina, Orang Tua; Pemerintah Kemana?

KREJENGAN-PANTURA7.com, Penyebaran virus corona di Cina yang belum terkendali, membuat mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di negeri tirai bambu tersebut khawatir. Selain takut terpapar virus, mereka juga sudah mulai kehabisan persediaan makanan.

Hal tersebut disampaikan Rahmad Hidayatulla (22) remaja asal Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, yang kuliah di Hubei Polytechnic University, China. Rahmad tak sendiri, ia juga bersama 3 orang lain yang sama-sama studi di Cina.

Menurutnya, ia sangat ingin kembali ke kampung halaman dan bisa segera berkumpul dengan keluarganya. Sebab serangan virus corona tak hanua berdampak pada mereka, melainkam juga kepada para orang tunya di kampung.

“Dengan keadaan yang seperti ini, kami sangat ingin cepat dievakuasi dari kota ini (Cina, red). Kami ingin kembali ke Indonesia dan berkumpul bersama keluarga, agar kita bisa terhindar dari virus corona,” tutur Rahmad Hidayatulla, Rabu (29/1/2020).

Keinginan untuk pulang dan kembali berkumpul dengan sanak famili kian menguat, dikatakan Rahmad, lantaran orang tua dan keluarganya sudah mulai khawatir dengan situasi di Cina.

“Karena sudah banyak beredar berita di Indonesia, meskipun tidak semuanya benar. Salah satu contohnya, kabar jika terkena virus corona maka (wujudnya, red) akan seperti zombie, itu tidak benar,” terang remaja yang sudah 4 tahun di Cina ini.

Putra pasangan suami istri, Hafidz (57) dan Uswatun Hasanah (55) ini berharap, masyarakat yang khususnya keluarga besarnya, tidak terlalu khawatir dengan kondisi mereka di Cina. “Kami disini baik-baik saja, meskipun terkendala stok makanan yang mulai menipis,” ia menjelaskan.

Terpisah, ayah Rahmad Hidayatulla, Hafidz saat ditemui di kediamannya Desa Sumberkatimoho berharap, pemerintah Indonesia segera turun tangan dengan nasib anaknya dan pelajar lain yanh saat ini terkurung di Cina.

Baca Juga  Membanggakan! Polwan asal Kota Pasuruan jadi Lulusan Terbaik Turkish National Police Academy

“Kemana pemerintah ini, tolonglah anak saya dibawa pulang ke tanah air. Kalau tidak bisa pulang, setidaknya dievakuasi ke tempat yang aman. Sebagai orang tua, kami sangat kwatir,”pintanya.

Diketahui, 4 remaja asal Kabupaten Probolinggo yang menempuh studi di Hubei Polytechnic University, masing – masing adalah Febry Halim Cahyadi, asal Kecamatan Maron; Rahmad Hidayatulla (22), asal Krejengan; Mohammad Nadhif (19); dan Dewfi Zhafira (18) yang sama-sama beradal dari Kecamatan Paiton. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arab Saudi Hentikan Visa Umroh, Anisa Syakur; Uang Jamaah Harus Selamat

JAKARTA-PANTURA7.com, Pemerintah Arab Saudi secara resmi menghentikan pengeluaran visa umroh bagi bagi semua negara, termasuk …