Sepekan Terkurung di Asrama, 3 Pelajar Asal Probolinggo Mulai Kehabisan Makanan

KREJENGAN-PANTURA7.com, Sebaran virus corona di Cina, membuat pemerintah setempat melakukan pembatasan akses. Sejumlah fasilitas publik hingga kendaraan transportasi umum dinonaktifkan sehingga beberapa kota di Cina bak kota mati.

Dampaknya, aktifitas warga mulai lumpuh karena terkurung di dalam rumah. Tak terkecuali 3 mahasiswa asal Kabupaten Probolinggo yang tinggal di Kota Huangshi, Provinsi Hubei, Cina.

Ketiganya adalah Febry Halim Cahyadi (22) warga Desa Brabe, Kecamatan Maron; Rahmad Hidayatulla (22) warga Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan; dan Mohammad Nadhif (19) warga Jabung Sisir, Kecamatan Paiton.

“Sekarang ini untuk makan setiap harinya, kami harus irit, masak sendiri. Stok (makanan) mulai berkurang, kami kebingungan untuk mendapatkan makanan,” kata Rahmad Hidayatulla saat dikonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

Selain keterbatasan akses ke ruang publik, menurut remaja yang dipanggil Dayat ini, hal lain yang membuat makanan mulai sulit didapatkan karena toko makanan dan swalayan di Cina sudah tutup.

“Dalam kondisi darurat, kita diperbolehkan keluar asrama. Namun makanan sekarang sudah jarang kita temukan, baik itu di swalayan atau di supermarket yang buka. Seperti sosis, nugget, ayam dan sayur-sayuran,” ungkapnya.

Melalui pesan singkat WhatsApp (WA), Dayat juga menyampaikan bahwa ia bersama 2 temannya, sudah 6 hari tidak keluar asrama. Selain mereka, di asrama itu juga ada pelajar dari Kabupaten Lumajang.

“Selain dua teman yang sama-sama berasal dari Probolinggo, juga ada yang dari Lumajang. Selaim itu, ada juga seoramg mahasiswi dari Probolinggo, namun tidak satu asrama dengan kami,” paparnya.

Diketahui, 4 remaja asal Kabupaten Probolinggo menempuh studi di Hubei Polytechnic University, tepatnya di Provinsi Hubei, Kota Huangshi. Mereka tidak bisa pulang ke tanah air karena adanya pembatasan akses oleh pemerintah Cina.

Baca Juga  Dollar Naik, Harga Kedelai Merembet Naik

Keempat pelajar ini adalah Febry Halim Cahyadi; Rahmad Hidayatulla (22); Mohammad Nadhif (19); dan Dewfi Zhafira (18) warga Perumahan PT. YTL blok B3B, Kecamatan Paiton. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arab Saudi Hentikan Visa Umroh, Anisa Syakur; Uang Jamaah Harus Selamat

JAKARTA-PANTURA7.com, Pemerintah Arab Saudi secara resmi menghentikan pengeluaran visa umroh bagi bagi semua negara, termasuk …